Skip to content

Wisata Kota Blitar

Pesanggrahan Djojodigdan

pesanggrahan djojodigdan blitar kotaPesanggrahan Djojodigdan terletak di Jl. Melati No. 43. Pesanggrahan ini merupakan kediaman eks Patih Blitar, R. Ng. Djojodigdo. Beliau diangkat menjadi Patih Blitar mendampingi Bupati Blitar, Raden Adipati Warso Koesoemo pada tanggal 8 September 1877. Bangunan dalem kepatihan sendiri selesai dibangun pada tahun 1892. Pada 11 Maret 1909 beliau tutup usia dan dimakamkan pada area pemakaman keluarga yang terletak di belakang dalem kepatihan. Saat ini Pesanggrahan Djojodigdo dibuka sebagai obyek wisata peziarahan.

pesanggrahan djojodigdan dalem kepatihan

pesanggrahan djojodigdan makam gantungWarga Blitar memiliki kisah tersendiri terkait keberadaan makam R. Ng. Djojodigdo. Secara lisan banyak yang menyebut makam beliau dengan sebutan Makam Gantung. Hal tersebut berkaitan dengan kepercayaan bahwa R. Ng. Djojodigdo memiliki ajian pancasona, yang akan hidup kembali jika jasadnya menyentuh tanah. Namun kisah tersebut diluruskan oleh juru pelihara pesanggrahan. Menurut penuturan juru pelihara, Eyang Djojodigdo tetap dimakamkan secara Islam. Adapun ilmu, pusaka, dan baju kebesaran beliaulah yang digantung, disimpan pada atap yang menaungi makam. Jadi yang digantung bukan jasad beliau, melainkan ilmu beliau.

Situs Gedog

situs gedong kala

situs gedog yoniSitus Gedog merupakan reruntuhan candi yang terleta di Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan. Keberadaan reruntuhan candi tersebut ditandai oleh pohon raksasa yang terlihat dari jalan raya Blitar – Garum. Bagian candi yang bisa dijumpai saat ini adalah dua buah kala dan sebuah yoni yang patah bagian ceratnya. Kala biasanya terletak di atas pintu atau relung candi, sedangkan yoni biasanya terletak di bilik candi bersama dengan lingga. Yoni merupakan simbol Dewi Parwati, salah satu dewi dalam Agama Hindu. Meski ceratnya telah patah, samar-samar pengunjung masih dapat melihat bagian leher naga yang menyangga cerat. Selain Kala dan yoni, dijumpai pula pecahan bata kuno yang berukuran relative besar.

Taman Makam Pahlawan Raden Wijaya

makam palawan blitar kotaTaman makam pahlawan ini bukanlah taman makam pahlwan biasa. Sebagaimana telah disinggung di atas, Makam Pahlawan Raden Wijaya memiliki kaitan erat dengan peristiwa pemberontakan PETA. Pada bagian belakang makam terdapat Monumen Potlot yang merupakan tempat Shodanco Partohardjono mengibarkan Bendera Merah Putih dalam detik-detik pemberontakan PETA.

Taman Sentul

taman sentul biltar kotaTaman sentul memiliki wujud yang tak jauh berbeda dengan Blitar Green Park. Merupakan ruang terbuka hijau yang terletak di Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjen Kidul. Dibangun lebih belakangan ketimbang BGP, sepertinya Taman Sentul memiliki konsep tataruang yang lebih matang.

Waterpark Sumber Udel

waterpark sumberudel blitar kotaNah ini… Bagi yang pengunjung yang gemar berwisata air, tak ada salahnya mampir di Waterpark Sumberudel. Waterpark yang terletak di Jl. Brantas, kelurahan Bendo ini memiliki fasilitas Kolam Anak Koi Fish, River Pool, Water Sliding, dan Kolam Olimpic yang berstandar nasional. Dahulu Sumber Udel dikenal dengan nama pemandian Tirto Jati, dan sudah ada sejak masa pendudukan Hindia Belanda. Pada tahun 2007 Sumber Udel mengalami revitalisasi dan dikembangkan menjadi Waterpark hingga saat ini.

Wisata Religi Gua Maria Sendangrejo

Gua Maria merupakan salah satu obyek wisata Kota Blitar sekaligus tempat peribadatan umat Katolik di Blitar. Pada obyek wisata ini juga terdapat mata air yang disucikan dan dipercaya memiliki banyak khasiat. Oleh karenanya Gua Maria ini disebut juga Sendangrejo.

wisata religi gua maria sendangrejo blitarPemrakarsa Gua Maria Sendangrejo ini adalah Romo Bartels CM pada tahun 1977. Pada tahun 1978 Gua Maria berukuran kecil mulai dibangun dan di koordinir oleh FX Sumadi.

Selain obyek wisata, Kota Blitar juga memiliki beberapa atraksi wisata. Berikut beberapa atraksi wisata Kota Blitar yang sayang untuk dilewatkan.

Atraksi Wisata Kota Blitar terkait Bulan Bung Karno

grebeg pancasila blitar

Grebeg Pancasila

Atraksi Wisata Kota Blitar terkait Hari Jadi

kenduri rakjat

Kenduri Rakjat

Blitar Djadoel

Bazar Djadoel

Atraksi Wisata Kota Blitar terkait aksi Kepahlawanan PETA

drama kolosal peta di blitar

Drama kolosal yang diselanggrakan setiap 14 Februari, untuk memperingati perjuangan PETA merebut kemerdekaan dari penjajah Jepang.

Sekian daftar wisata Kota Blitar. Semoga kedepannya sektor wisata Kota Blitar semakin maju dan berkembang. Amin 😀

Pages: 1 2

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *