Skip to content

Ada yang Baru dari Situs Arca Mbah Reco Blitar

Ini merupakan kali ke-dua D’Trav menyambangi Situs Arca Mbah Reco Blitar. Situs yang hanya terdiri dari tiga arca ini terletak di tengah sawah, di belakang komplek perumahan TNI Yonif 511. Mengawali perjalanan dari Kota Blitar, kami langsung menuju ke Perempatan Karang Tengah untuk selanjutnya menuju ke arah Yonif 511. Tepat di selatan Yonif 511 ada gang masuk ke barat, kami menyusuri jalan tersebut hingga menemukan cungkup kecil di bawah pohon beringin. Arca Mbah Reco terletak di sana.

Setiba di Situs Mbah Reco kami sedikit heran. Memang sepintas tak ada yang berubah, jumlah arcanya masih tetap tiga. Arah hadapnya juga masih menghadap ke selatan seperti yang dulu. Hem.. tapi sepertinya ada yang berbeda dengan arca yang di tengah. Dulu saat para D’Trav generasi awal kemari, sepertinya arca yang tengah itu berwujud seperti arca pertapa, tapi sekarang kok ganti jadi arca tokoh?

Beginilah penampakan arca tokoh di Situs Mbah Reco. Arcanya sudah tidak utuh lagi, hanya tersisa bagian kaki kebawah. Atribut yang terpahat pada arca ini seperti atribut kedewaan atau mungkin kebesaran raja. Pada kanan dan kirinya juga terpahat tokoh penjaga. Sepintas kok seperti Arca Hari-Hara yang disimpan di Museum Nasional ya? Keren 😀 Dua arca lainnya masih sama seperti dulu, yakni berupa unfinished statue (arca belum jadi). Satu arca bentuknya gak karuan, dan satu arca lagi menunjukkan ciri-ciri sosok wanita.

Situs mbah reco dengan papan undang-undang kepurbakalaan dari BPCB Jawa Timur.

arca-lama-situs-mbah-recoBerikut adalah wujud arca lama di Situs Mbah Reco yang pernah didokumentasikan para D’Trav generasi awal. Arca ini berwujud seperti pertapa yang kedua tangannya dikatupkan di tengah. Pahatannya sangat sederhana, tak tampak megenakan atribut-atribut kebesaran. Letak arca ini dulunya berada di tengah diapit dua arca lainnya. Saat ini arca pertapa ini sudah tidak dijumpai. Pada posisinya telah ditempati arca lain berupa potongan kaki arca tokoh yang mengenakan atribut-atribut kebesaran. Hem.. 🙂

Sayangnya kami belum mendapat pencerahan bagaimana arca di Situs Mbah Reco bisa berubah. Apakah dia berubah seperti powerengers? 😛 Barang kali teman teman ada yang tau?


Writer : Zid

Photographer : Aima,Zid

Participant : Aima, Zid

2 Comments

  1. edelweiss_stories edelweiss_stories

    fotonya kok dikit min ,Ծ︿Ծ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *