Skip to content

Agrowisata Karangsari, Sentra Buah Belimbing Khas Kota Blitar

agrowisata karangsari kota blitarAgrowisata Karangsari.

Jika ada yang bertanya, buah apa yang menjadi ciri khas Kota Blitar? Tentunya segenap warga Kota Blitar akan menjawab “Buah Belimbing”. Yup, buah berbentuk bintang tersebut memang menjadi salah satu komoditi unggulan Kota Blitar. Ini bukan belimbing sembarang belimbing, tapi merupakan varietas asli yang telah terdaftar sebagai kekayaan hayati milik Kota Blitar. Namanya adalah Belimbing Karangsari Merah. Sesuai dengan namanya, sentra budidaya Belimbing Karangsari Merah terpusat di Kelurahan Karangsari, Kec. Sukorejo.

Tak hanya berhenti pada sektor budidayanya saja, keberadaan Belimbing Karangsari mulai dibawa ke ranah pariwisata. Dirintis sejak tahun 2007 silam, kini lahan budidaya belimbing seluas 5 Ha tersebut telah berkembang menjadi Kawasan Agrowisata Karangsari. Agrowisata tersebut terletak di Jalan Jeruk, di utara SPBU Karangsari.

Memasuki kawasan agrowisata, pengunjung akan disambut oleh replika blimbing raksasa yang menjadi icon Agrowisata Karangsari. Sedikit bergeser ketimur, pengunjung juga dapat menjumpai taman yang tertata rapi, dengan background kebun belimbing. Pengunjung yang butuh sesi nasis, jangan sampai kelewatan foto-foto di tempat-tempat ini. Hehehe…

agrowisata karangsari

agrowisata karangsari blitarJangan terlalu keasikan foto ya.. Kita tidak akan mendapat banyak pengalaman sebelum menyusuri kebun belimbing terlebih dahulu. Untuk masuk ke kebun, pengunjung dikenakan bea sebesar Rp. 10.000,- per orang. Dengan nominal tersebut pengunjung mendapatkan segelas minuman sari belimbing, diperkenankan memetik satu buah belimbing di area agrowisata (dinikmati ditempat), dan jasa guide (nominal tersebut tidak termasuk bea parkir kendaraan). Gimana cukup terjangkau bukan?

sari belimbing

belimbing kota blitar

belimbing karangsariBelimbing Karangsari Merah memiliki rasa yang manis dan segar

Oiya, untuk pengunjung yang demen makan belimbing dan merasa kurang kalau gak bawa pulang belimbing, jangan kuatir! Pengunjung bisa memetik belimbing sebanyak-banyaknya. Hasil petik tersebut kemudian akan ditimbang oleh petugas kebun, yang nantinya akan menentukan harga belimbing sesuai beratnya. Nari dompete.. haha..

Ayo, bagi yang penasaran dan pengen nyobain segernya Belimbing Karangsari, bisa langsung cuzz ke TKP!

4 Comments

  1. maya maya

    untuk bulan ini. blimbingnya berbuah apa tidak?

  2. Bisa langsung konfirmasi ke agrowisata karangsari mbak hehe

  3. Herjuno Herjuno

    Selamat malam, kalau ke agrowisata karangsari bisa on the spot atau ada contact personnya? Karena saya membawa grup..

    Terima kasih

  4. Bisa on the spot. Rata rata kami mengulas tempat tempat wisata di Blitar secara langsung, tanpa menghubungi pihak pengelola terlebih dahulu. Namun kami sarankan untuk datang di weekend.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *