Skip to content

Tips Traveling ke Tempat Sepi yang Belum Pernah Kalian Datangi

tips-sepiPernah gak pengen traveling ke suatu tempat tapi belum tahu jalan dan kondisi lapangannya? Dalam situasi seperti itu pasti muncul berbagai macam kekhawatiran. Jangan-jangan nanti begini? Jangan-jangan nanti begitu? Bisa-bisa malah gak jadi berangkat. Pada dasarnya kewaspadaan itu penting, namun jangan sampai hal itu menghambat langkah kalian. Berikut beberapa tips yang dapat kalian cermati sebelum kalian memulai traveling ketempat baru:

Persiapan

  1. Carilah informasi mengenai tempat yang kalian tuju kepada teman atau saudara yang sudah pernah ke sana sebelumya

  2. Bila belum ada yang pernah, cari info dari grup-grup diskusi di jejaring sosial atau dari website terkait

  3. Persiapkan dan petakan rute dengan map/ map online/ GPS.

  4. Bawa perbekalan yang cukup, untuk antisipasi bila tidak ada kios atau toko logistik di sekitar lokasi tujuan.

  5. Ajak teman kalian, hindari untuk solotraveling ke tempat-tempat yang sepi dan belum terjamah

  6. Beritahu tujuan kalian kepada keluarga di rumah, agar jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan keluarga bisa segera bertindak.

  7. Berdoa, dan berangkat.

Di lapangan

  1. Jangan terpaku pada GPS, berusahalah menikmati perjalanan dengan relax karena rute telah kalian petakan sebelumnya.

  2. Bila bingung atau tersesat sebaiknya segera bertanya pada warga sekitar. Ingat GPS yang kalian gunakan bisa saja salah.

  3. Jaka etika dan sopan santun apa lagi ketika kalian mulai memasuki daerah yang baru. Bertegur sapa kepada warga sekitar itu lebih baik.

  4. Jika tujuan traveling kalian jauh dari pemukiman penduduk, upayakan untuk meminta izin kepada warga di pemukiman terakhir.

  5. Carilah info selengkap-lengkapnya dari warga sekitar. Jika rute tidak memungkinkan untuk dilalui dengan kendaraan, kalian bisa minta tolong untuk menitipkan kendaraan di rumah warga. (untuk poin ke 5 ini sebaiknya kalian mempersiapakan bekal atau oleh-oleh agar kalian bisa memberi kenangan manis pada warga yang telah membentu kalian)

  6. Berhati-hatilah dan nikmati tujuan traveling kalian.

Demikian beberapa kiat yang bisa dicermati saat bertraveling ketempat yang asing. Ingat gaya traveling setiap orang berbeda, bisa saja tips ini tidak cocok dengan gaya traveling kalian. Ambil positifnya aja ya. Sekian. Let’s get lost!! 😀


By: Galy

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *