Skip to content

Tips Membuat Video Timelapse Menggunakan Smartphone

Apa itu video timelapse? Secara singkat video timelapse merupakan video yang bertujuan untuk merekam pergerakan atau perubahan objek yang terjadi secara lambat, namun dilihat dalam waktu singkat. Misalnya pergerakan awan di langit, susasana lalu lalang pengunjung tempat wisata, proses bunga mekar dan lain sebagainya. Gimana sih cara membuatnya? Apa harus punya kamera pro? Oh tidak. Sekarang kita bisa membuat video timelapse dengan menggunakan smartphone.

Ada beberapa smartphone yang sudah dilengkapi applikasi pembuat video timelapse ada pula yang belum. Untuk yang belum dilengkapi dengan applikasi tersebut, kita bisa mendownload secara gratis maupun berbayar di play store. Ada banyak applikasi yang bisa kita download secara gratis seperti lapse it, timelapse-video recorder, dan framelapse.

Nah, berikut ini beberapa langkah pembuatan video timelapse dengan menggunakan kamera smartphone dan salah satu applikasi di atas yaitu Timelapse-video recorder:

1. Pastikan ponsel kita memiliki applikasi timelapse. Pastikan juga daya batrai sudah di charge full, Karena membuat video timelapse membutuhkan waktu stanby yang cukup lama. Bila perlu bawa powerbank.

2. Pilih lokasi yang tepat. Tempat dengan tingkat aktifitasnya lebih banyak menjadi salah satu pilihan yang tepat agar video terlihat lebih menarik.

3. Letakkan smatrphone pada posisi yang stabil. Gunakan tripod atau penyangga yang lain untuk menjaga posisi smartphone tetap stabil. Letakkan smartphone pada tempat yang aman, jangan sampai proses perekaman smartphone terjatuh atau tersenggol. Apalagi jika objek kita adalah tempat umum yang rawan orang ataupun kendaraan yang berlalu lalang.

4. Atur durasi perekaman video dan durasi hasil video timelapse yang akan kita buat. Kita bisa mengatur sesuai keinginan kita. Durasi perekaman kita bisa memilih antara 30 menit, 1 jam, atau lebih lama. Durasi video finalnya kita juga bisa tentukan, mulai 3 detik, 7 detik, 10, detik atau lebih lama.

setting-15. Belajar Sabar. Membuat video timelapse harus sabar, karena untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita harus rela menunggu berjam-jam.

Selamat mencoba. 😀


By: Enny.

2 Comments

  1. galuh galuh

    untuk pc, kira kira aplikasi apa ya yang bagus untuk bikin timelapse?

  2. Adobe Premiere Pro, Sony Vegas, Final Cut Pro,Movie Maker, panolapse

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *