Skip to content

10 Tips Memotret Sunset Menggunakan Kamera Ponsel

Moment sunset atau tenggelamnya matahari menjadi waktu yang umumnya menjadi buruan sebagian besar pecinta fotografi maupun travelers. Pesona keindahan cakrawala di kala senja menjadi objek foto yang sangat sayang untuk dilewatkan. Untuk sobat travelers sekaligus pecinta sunset berikut ini ada 10 tips memotret sunset menggunakan kamera ponsel :

  1. Pilihlah tempat yang mana kita bisa menatap langit secara luas dan bebas, seperti pantai atau di atas bukit. Bagaimana jika kita ada di tengah kota yang banyak gedung bertingkat? Jangan patah arang kita bisa mengambil moment sunset dari atas balkon atau roof top, atau bahkan dari sela-sela gedung.

  2. Perencanaan merupakan hal yang penting, meskipun terkadang tak sesuai harapan tetapi setidaknya dengan melakukan perencanaan dan persiapan tentu hasil foto kita akan jauh lebih baik. Rencanakan tempat dan waktu. Usahakan datang lebih awal dari waktu tenggelamnya matahari. Siapkan juga alat pendukung seperti tripot, lensa tambahan atau yang lainnya.

  3. Jaga kestabilan ponsel agar hasil foto kita tidak blur. Memotret dengan kamera ponsel di saat pencahayaan redup rentan mengalami shake dan blur pada hasil fotonya. Untuk meminimalisir shake kita bisa menggunakan tripot atau sandaran yang stabil seperti batu atau kayu.

  4. Pilihlah spot terbaik. Sebelum moment sunset tiba usahakan sudah memilih tempat dan spot terbaik untuk mengabadikannya. Jangan sampai moment yang berlangsung tidak lama tersebut terlewatkan hanya karena kita repot berpindah-pindah tempat memilih spot.

  5. Setting kamera ponsel kita pada mode manual atau mode senja dan jangan lupa matikan flash.

  6. Posisikan ponsel lebih rendah dari garis horizon atau kaki langit. Untuk mempermudah kita bisa menggunakan garis bantu yang ada di setting ponsel kita. Seperti contoh di bawah ini,rule-of-third-phonegraphy

  7. Manfaat siluet objek di sekitar kita, misalnya siluet gedung, pepohonan, atau manusia agar foto sunset kita terlihat lebih menarik.

  8. Jangan tergesa-gesa meninggalkan tempat hunting ketika matahari sudah tenggelam, karena biasanya pemandangan langit setelah tenggelamnya matahari tampak semakin indah.

  9. Potret sebanyak mungkin dengan angle yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan yang kita harapkan.

  10. Membuat video timelapse bisa menjadi alternative untuk mengabadikan moment sunset. Membuat video timelapse bisa dilakukan dengan cara menggabungkan beberapa foto atau dengan menggunakan applikasi pembuat video timelapse.

 

Nah, itu tadi 10 tips memotret sunset menggunakan kamera ponsel. Selamat mencoba ^_^


Writer : Ad En

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *