Skip to content

Air Terjun Kalimayit Blitar, Seangker Namanya

air-terjun-kalimayit-blitarAir Terjun Kalimayit?? Mendengar namanya saja sudah angker yak? Padahal air terjun ini begitu indah lho. Suer.. 😛 Hanya saja medannya benar-benar angker. 🙁

Medan terjal untuk menuju Air Terjun Kalimayit sebenarnya sangat pendek. Kalau dipersentasekan dari total perjalanan (misal saja titik pemberangkatannya dari Blitar Kota), kira kira hanya 11 % saja. Dari persentase 11 % itu yang 10 % adalah jalan rusak di pemukiman terkhir yang masih bisa dilalui kedaraan bermotor. Nah sisanya yang 1 % ini lah yang bener-bener (angker) real adventure.

Untuk menjangkau Air Terjun Kalimayit, para traveler sekalian harus berjibaku dengan lebatnya vegetasi. Meski suara gemercik air terjun sudah terdengar, namun wujud air terjun ini tak mudah dilihat karena terhalang oleh rapatnya vegetasi. Licinnya batu-batu pijakan juga menambah tantangan dalam menjangkau Kalimayit. Kadang kalian harus memanjat dan berpindah dari batu satu ke batu lainnya dengan meloncat. Bayangkan saja betapa ngerinya medan Kalimayit. Namun seperti kata pepatah “bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian”, setelah melewati segala aral rintangan kalian akan tiba pada keindahan yang begitu menawan.

jurug-kalimayit-blitarAir Terjun Kalimayit begitu eksotis dengan segala keindahan di sekelilingnya. Apa lagi dengan adanya rerumputan hijau yang menyelimuti dinding tebing, ini semua menjadi semakin semarak. Dari ujung, air tampak terjun perlahan dengan merambati dinding tebing. Dibawah aliran tersebut sudah bersiap tebing batu lainnya yang membelokkan aliran air terjun ke sebuah kolam kecil. Benar-benar menakjubkan.

kedung-kalimayitBagi kalian yang tertarik untuk menyambangi Air Terjun Kalimayit, jurug ini secara administratif masuk dalam wilayah Dusun Bendorejo, Desa Tulungrejo, Kec. Wates, Kab. Blitar. Secara umum rutenya sebagai berikut: Blitar – Sutojayan – Binangun – Wates (ke arah Jolosutro) – Perempatan Bantengan belok kanan – Tikungan aspal lurus saja melewati jalan macadam sampai mentok di pertigaan – Pertigaan belok kiri – Ikuti jalan jika ada percanangan jalan ambil tikungan ke kanan – Pada perempatan ke dua belok kiri – Selanjutnya bisa bertanya pada penduduk setempat.

air-terjun-jurug-kalimayitSelamat berpetualang. Keep safety traveling ya 😀


Writer: Galy Hardyta

Participant: Galy, Aguf, Ali Moes, Dea Atmaji, Wahyu

One Comment

  1. Yhuswantoro Yhuswantoro

    Mas iki kern… aku 25th urip+asli bocah Blitar tp dangkal pengetahuan…
    Semangat… Blitar explorer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *