Skip to content

Tips Mendirikan Tenda

1 Cari lokasi/ tempat yang strategis dan nyaman untuk mendirikan tenda. Usahakan mencari tempat terbuka (tanah yang lapang dan datar). Bila terpaksa mendirikan tenda di bawah pohon, waspadalah terhadap ranting atau kondisi pohon. Usahakan tidak kejatuhan ranting atau tertimpa pohon.

2 Pastikan semua bagian tenda terutama pasak dan tali pengaman ada. Pisahkan bagian flysheet dengan tenda agar tidak terbang saat membukanya. Flysheet adalah penutup tenda agar air tidak merembes saat hujan lebat. Bentangkan tenda sesuai dengan bentuk lantai kemudian pasang pasak pada ujung-ujungnya yang telah ditentukan.

3 Pasang satu persatu frame (rangka tenda) sesuai konstruksinya, namun jangan pasangkan dulu semuanya. Pastikan salah satu ujung frame atau rangka tenda telah terpasang pada tempat kaitannya.

4 Selanjutnya (lebih baik dilakukan lebih dari satu orang) secara serentak pasang ujung rangka yang lain hingga berdiri. Tahapan ini harus dilakukan dengan cepat dan tepat namun hati-hati agar tidak mematahkan frame. Pemasangan sebisa mungkin harus bersamaan agar simetris.

5 Pasang flysheet tenda jangan melawan arah angin agar tenda tidak terbang.

6 Pasang semua tali penguat pada setiap frame agar tenda semakn kokoh dari tiupan angin

7 Peralatan seperti pembungkus frame dan bagian-bagian yang tak terpasang dijadikan satu dan diamankan agar tidak hilang.

Semoga tips sederhana ini bermanfaat buat kalian semua. 😀


By: Feryan Herma (Very)

Sumber: MountMag 01/2011

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *