Skip to content

Pantai Pasetran Gondo Mayit Blitar, Tak Seangker Namanya

pantai pasetran gondo mayit

Pantai Pasetran Gondo Mayit dikenal pula dengan nama Pantai Pasir Putih. Pantai ini berada di sebelah timur Pantai Tambarejo. Secara administratif Pantai Gondo Mayit termasuk dalam wilayah Desa Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar. Karena bersebelahan dengan Pantai Tambakrejo, maka secara otomatis kedua pantai ini memiliki rute yang sama. Secara umum rute menuju Pantai Pasetran Gondo Mayit sebagai berikut: Blitar – Kademangan – Gawang – Ikuti jurusan Tambakrejo – Pertigaan Masjid Tambakrejo belok ke kiri – Pantai Pasetran Gondo Mayit terletak di kanan jalan. Selain melalui rute tersebut, wisatawan juga dapat mengunjungi pantai ini melalui Pantai Tambakrejo dengan mendaki bukit di sebelah timur. Akses jalan ke Pantai Gondo Mayit sudah tergolong mudah, sebab letaknya berdekatan dengan Pantai Tambakrejo yang merupakan salah satu destinasi unggulan wisata Blitar.

Mendengar namanya saja pasti banyak yang ngeri dengan pantai yang satu ini. “Gondo Mayit” adalah frasa Jawa yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi “bau mayat”. Padahal pantai ini tak seangker namanya. Sebaliknya, pantai ini begitu indah. Hamparan pasir putihnya tampak serasi dengan rona air lautnya yang jernih. Karang-karang di dasar pantai juga tampak indah. Semakin indah saat dilihat dari ketinggian.

pantai pasir putih blitarPantai di sebelah barat Bukit Gondo Mayit

Pantai Pasetran Gondo Mayit terbagi dua oleh sebuah bukit yang berada di tengah pantai. Pantai di sisi barat bukit lebih luas dari pada pantai yang berada di sisi timur bukit. Pantai sisi timur memiliki pasir yang halus dengan batu karang alam sebagai bentengnya.

pantai gondo mayitPantai sebelah timur Bukit Gondo Mayit

Nama Pasetran Gondo Mayit sebenarnya berasal dari sebuh bukit yang membelah pantai ini. Di puncak bukit tersebut terdapat sebuah makam. Bau-bauan di seputar makam tersebut sangat wangi sehingga membikin bulu kuduk berdiri. Hiiii. 🙁 Bau wangi tersebut berasal dari minyak dan dupa yang ditebar disekitar makam. Tapi tenang saja, menurut masyarakat setempat sebenarnya makam ini adalah makam fiktif. Keberadaanya hanya dipercaya oleh oknum-oknum yang percaya saja. So tak perlu dirisaukan lagi keangkerannya. Justru yang harus kita waspadai adalah keselamatan kita saat bertamasya di pantai.

bukit gondo mayit blitarBukit Gondo Mayit

Jangan lengah oleh keindahan Pantai Pasetran Gondo Mayit. Ingat ini adalah pantai selatan yang ombaknya ganas. Jadi berhati-hatilah saat bermain di pantai. Ayo nikmati keindahan alamnya, tapi dengan cara yang cerdas. Safety first 😀

pantai pasir putih pasetran gondo mayit


Writer : Galy Hardyta

Participant: Galy, Tiko

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *