Skip to content

Candi Sumberagung, Candi Langgam Jawa Tengahan di Blitar?

candi sumberagung blitar

Candi Sumberagung merupakan salah satu candi yang terletak di kaki Gunung Kelud, tepatnya di Desa Sumberagung, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Gandusari sendiri merupakan wilayah yang dikenal memiliki banyak situs bersejarah seperti Candi Kotes, Candi Wringin Branjang, Candi Rambut Monte, Candi Sumberagung sendiri, Situs Sukosewu, Situs Gadungan, Situs Slumbung dan masih banyak lagi peninggalan-peninggalan Cagar Budaya lainnya.

Menurut catatan sejarah, Candi Sumberagung Blitar ditemukan pada tahun 1983 oleh tim survey Balai Arkeologi Yogjakarta. Ekskavasi kembali dilakukan pada tahun 1984 dan berhasil menemukan dua bangunan candi yang disebutan Candi Sumberagung I dan Candi Sumberagung II. Antara kedua candi ini hanya terpisah jarak 26,5 m saja. Ukuran masing-masing candi adalah 5,5 m x 5,5 m dan 5m x 5m. Posisi candi I terletak di dasar kali putih yang merupakan salah satu kantong lahar Gunung Kelud, sedangkan posisi candi II terletak di tebing sebelah kanan area kantong Lahar Kali Putih. Saat ini hanya satu bangunan saja yang tampak. Ekskavasi yang telah dilaksanakan pada saat itu juga berhasil menemukan relief Arca Dewa Siwa dan Dewa Wisnu sehingga dapat dipastikan bahwa Candi Sumberagung bernafaskan agama Hindu.

Melihat dari bentuk realnya sekarang, kemungkinan besar candi ini belum selesai di bangun karena terdapat ornamen-ornamen yang belum terpahat sempurna di bagian kaki candi.

relief candi sumberagungDesain relief yang baru digores-gores, menunjukkan bahwa candi ini ditinggalkan sebelum selesai dibangun.

Candi Sumberagung itu unik. Ia memiliki perbedaan dengan candi-candi di Jawa Timur yang umumnya menghadap ke barat. Ia justru menghadap ke timur dengan bukti tangga naik yang berada di sisi timur bangunan.

pintu masuk candi sumberagungBangunan candi menghadap ke timur. Sisa-sisa tangga masuk masih terlihat.

Kuat dugaan bahwa Candi Sumberagung merupakan Candi berlanggam Jawa Tengahan yang usianya lebih tua dibandingkan dengan kebudayaan Jawa Timuran. Selain bangunan candinya yang menghadap ke timur, pahatan reliefnya yang lebih natural dan lebih dalam dibanding  candi Jawa Timuran. Hal lain yang menarik perhatian adalah adanya antefik khas candi Jawa Tengahan. Wawwww

relief candi sumberagung blitarSalah satu relief yang masih tersisa menunjukkan kemiripan dengan salah satu relief yang ada pada Candi Prambanan (klick di sini).

antefik candi sumberagungAntefik Jawa Tengahan, coba bandingkan dengan antefik Candi Sojiwan Klaten (klick di sini)

Antefik ini memperkuat dugaan bahwa Candi Sumberagung merupakan candi berlanggam Jawa Tengahan. Jika dugaan di atas benar, maka bisa dikatakan bahwa selain menjadi saksi kejayaan peradaban Jawa Timur, Blitar tenyata juga menjadi saksi dari peradaban kuno berlanggam Jawa Tengahan.

sumuran candi sumberagungPada bagian tengah candi terdapat sumuran.

Info: Pada dokumentasi D’Trav tahun 2010 masih dijumpai adanya batu candi berpelipit di atas rereuntuhan candi. Sebagian reruntuhan masih tertimbun.

Nah, seperti itulah sedikit pemaparan tentang Candi Sumberagung yang memang keberadaannya agak kalah populer dengan candi-candi besar di Blitar. Padahal bisa jadi candi ini lebih tua dibanding kan dengan candi-candi lain di Blitar. Ayo kunjungi Candi Sumberagung dan saksikan keunikan langgamnya.

Berikut rute menuju Candi Sumberagung dari Kota Blitar: ambil jalur Blitar-Malang sampai perempatan lampu merah Kendalrejo Talun – dari perempatan tersebut belok ke utara sampai mentok kemudian belok kanan – pada pertigaan pertama belok kanan, sampai di situ tinggal cari pertigaan tengah sawah, atau bisa juga bertanya pada warga sekitar.


Writer: Zid

Sumber:

  • Sedyawati E., Hariani S., Hasan D., Ratnaesih M., Wiwin D. Sudjana R., dan Chaidir A. 2013. Candi Indonesia: Seri Jawa. Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Direktorat Jendral Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Participant: Galy, Upeck, Zid

5 Comments

  1. Lebih rincinya alamatnya dimana?

  2. Baru tau ada candi sumberagung

  3. Iya ini sumberagung di kec. gandusari, kab. blitar

  4. Nur Kholis Nur Kholis

    Saya melihat candi itu sekitar 35 tahun yang lalu. dan saat itu masih dipagari dari bambu. kebetulan keluarga besarku orang sumberagung. dan saya sering menyusuri kali putih sewaktu mau berkunjung ke sumberagung…..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *