Skip to content

Situs Tanggung, Sebaran BCB di Kelurahan Tanggung Kota Blitar

Wilayah Kota Blitar memang tak seluas Kabupaten Blitar. Meski Kota Blitar hanya terdiri dari tiga kecamatan, wilayah ini juga memiliki sebaran benda cagar budaya (BCB) yang beragam. Salah satunya berada di Kelurahan Tanggung, Kec. Kepanjen Kidul. Untuk mudahnya kita bisa menyebutnya Situs Tanggung.

Situs cagar budaya bisa didefinisikan sebagai suatu lokasi yang mengandung benda, bangun, atau struktur cagar budaya. Pada area persawahan di Kelurahan Tanggung memang pernah ditemukan struktur bangun kuno. Penemuan tersebut terjadi sekitar tahun 2011. Sebagian hasil temuan diamankan di rumah warga. Berikut sejumlah dokumentasi DTrav saat menyambangi Situs Tanggung pada tahun 2011 silam:

Situs Tanggung, Sebaran BCB di Kelurahan Tanggung Kota Blitar 2

Lumpang, sejumlah batu isian, dan tulang (di dalam kantong plastik hitam)

Situs Tanggung, Sebaran BCB di Kelurahan Tanggung Kota Blitar 3

Pecahan tembikar dan batu candi

Ternyata jauh sebelum penemuan tahun 2011, di Kelurahan Tanggung juga pernah ditemukan lingga semu. Lingga Tanggung ini ditemukan sekitar tahun 1996 saat salah seorang warga membangun rumah. Kini Lingga Tanggung disimpan di halaman rumah warga yang bersangkutan.

Situs Tanggung, Sebaran BCB di Kelurahan Tanggung Kota Blitar 4

Lingga tanggung

Situs Tanggung, Sebaran BCB di Kelurahan Tanggung Kota Blitar 5

Perbandingan ukuran lingga dengan manusia

Pada sudut lain Kelurahan Tanggung, kita juga bisa menjumpai bagian dari miniatur candi atau mungkin juga bagian dari kemuncak candi. Kurang jelas sejak kapan benda ini ditemukan, namun sejak tahun 2010-an keberadaannya sudah diperbincangkan di media sosial.

Situs Tanggung, Sebaran BCB di Kelurahan Tanggung Kota Blitar 6

Bagian miniatur candi

Sebaran benda cagar budaya di Situs Tanggung memang cukup mengesankan. Sudah selayaknya kita mengenalnya, kemudian mencintai dan melestarikannya.


Writer: Galy Hardyta

Participants: Galy & Rendro

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan