Skip to content

Situs Tambakan, Jejak Peninggalan Masa Klasik di Desa Tambakan Blitar

Seperti yang pernah DTrav singgung sebelumnya, Kec. Gandusari, Kab. Blitar merupakan wilayah yang sangat kaya dengan tinggalan-tinggalan cagar budaya masa klasik. Hampir setiap desa di kecamatan ini memiliki situs bersejarah. Bahkan Desa Gadungan dan Sukosewu masing-masing memiliki belasan situs bersejarah. Kali ini DTrav mencoba menelusuri Situs Tambakan yang terletak di Desa Tambakan.

Situs Tambakan, Jejak Peninggalan Masa Klasik di Desa Tambakan Blitar 2

Jambangan Batu

Situs Tambakan, Jejak Peninggalan Masa Klasik di Desa Tambakan Blitar 3

Kemuncak

Pada Situs Tambakan terdapat sejumlah benda cagar budaya yang terbuat dari batu andesit. Kita bisa menjumpai jambangan batu dan kemuncak di halaman salah seorang warga. Di tempat lain kita dapat menjumpai sejumlah batu andesit yang diduga merupakan bagian dari sebuah bangunan kuno. Batu tersebut saat ini telah diplester pada sebuah punden desa sehingga bentuk utuhnya sudah tidak tampak. Beruntungnya, dulu pada tahun 2013 DTrav sempat mendokumentasikan bentuk utuh dari batu-batu tersebut. Tampak pada sebagian batu memiliki siku yang umum dijumpai pada batu-batu penyusun candi.

Situs Tambakan, Jejak Peninggalan Masa Klasik di Desa Tambakan Blitar 4

Punden Desa

Situs Tambakan, Jejak Peninggalan Masa Klasik di Desa Tambakan Blitar 5

Dokumentasi Punden Tambakan tahun 2013 sepulang perjalanan dari Coban Sewu Pujon

Keberadaan Situs Tambakan ini menambah lengkap daftar situs-situs bersejarah yang ada di Gandusari. Sudah sepatutnya kita kenali dan lestarikan keberadaanya.


Writer: Galy Hardyta

Participant: Anggun, Galy, Rendro, Hadi

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan