Skip to content

Situs Ploso Selopuro Blitar, Misteri yang Belum Terpecahkan

Perjalanan kami menelusuri situs –situs peninggalan sejarah di Blitar akhirnya sampai juga di Situs Ploso Selopuro, Desa Ploso, Kec. Selopuro, Kab Blitar. Di pinggiran desa ini, tepatnya pada sebuah makam terdapat sebuah benda cagar budaya berupa yoni. Keberadaan yoni tersebut sangat mencolok, bahkan bisa dilihat dari persawahan pinggir jalan raya Selopuro-Kesamben. Untuk menuju lokasi tersebut kita bisa menyusuri sebuah gang di selatan Kantor Desa Ploso. Jalan tersebut akan mengarah ke sawah dan pemakaman. Tak perlu susah susah mencari lokasi BCBnya, karena artefak tersebut dicat putih dan berada di atas sebuah tugu, benar-benar sangat mencolok.

situs ploso blitar

yoni ploso selopuroMeski mudah ditemukan, tapi asal-usul kesejarahan dari Situs Ploso ini tidak banyak yang mengetahui. Ketika kami mencoba menanyai panduduk setempat mengenai kesejarahan dari situs ini, ternyata mereka tidak banyak yang mengetahui. Penduduk justru lebih ngeh dengan tokoh yang dimakamkan di sana. Usut punya usut, ternyata bangunan yang kami kira tugu itu sebenarnya adalah sebuah makam. Makam tersebut ditinggikan karena merupakan makam tokoh penting yang bernama Panji Suryo Admojo. Beliau adalah pendatang di Desa Ploso tapi sangat disegani di sana. Hanya itu lah informasi yang bisa kami dapatkan. Mengenai dari mana asal yoni tersebut masih belum ada jawaban. Akhirnya kami hanya mendokumentasikan perwujudan dari situs tersebut, dan menunggu jika suatu saat ada jawaban dari misteri ini.

travellers in situs ploso


Writer : Galy Hardyta

Photographer : Galy

Participant: Galy, Upheeck

2 Comments

  1. kalian kereeen… semoga setelah semua terekspos, pemerintah lebih memperhatikan dan menjadikan wisata kota blitar semakin dicintai masyarakat

  2. amin.. makasih sudah mampir di blog kami 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *