Skip to content

Kuliner Uceng Khas Blitar

Uceng (nama latin Nemachilus fasciatus) merupakan spesies ikan air tawar yang habitatnya tersebar dari China hingga Asia Tengara. Ikan ini memiliki morfologi seperti ikan Lele tetapi ukurannya lebih kecil. Ikan jenis ini biasanya hidup liar di sungai-sungai. Kehidupannya lebih sering bersembunyi dan hanya keluar disaat-saat tertentu untuk mencari makan. Di Blitar, ikan jenis ini banyak diolah menjadi kudapan lho. Penasaran?? Berikut penampakannya. 😀 Kuliner Uceng khas Blitar..

kuliner uceng khas blitarKuliner Uceng sudah dikenal secara luas sebagai kuliner khas Blitar. Lebih khususnya merupakan kuliner khas Blitar timur, karena lebih banyak dijumpai di sekitar Garum hingga Wlingi. Uceng selain biasa dimakan sebagai snack, biasanya juga disajikan sebagi menupendamping makan besar. Uceng biasa disajikan bersama nasi dan sayur lodeh. Untuk rasa tak perlu diragukan lagi, gurih dan krispinya benar-benar khas.

kuliner ucengKudapan Uceng biasanya disajikan kedalam beberapa varian, ada Uceng original dan Uceng campuran (dicampur ikan tawar lainnya).

Untuk mencicipi kuliner Uceng ini kalian bisa dengan mudah menemukannya di sepanjang jalan raya Blitar-Malang (dari Kec. Garum ke timur). Harga kuliner ini juga cukup terjangkau. Satu piring Uceng biasanya dibandrol dengan harga Rp. 10.000,-.

Ayo kalau sudah pada ngiler, langsung saja capcuss ke Blitar. Rasakan sensai memburu keanekaragaman kuliner yang tiada habisnya 😀

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *