Skip to content

Melacak Peninggalan Sejarah di Desa Jabung, Talun, Blitar (Situs Jabung)

arca situs jabung

Perjalanan DTrav menjelajahi peninggalan-peninggalan sejarah di Blitar kini telah sampai di Situs Jabung Desa Jabung, Kec. Talun, Kab. Blitar. Letak Desa Jabung cukup menarik karena berdekatan dengan desa desa yang memiliki peninggalan sejarah seperti Desa Jeblog (Situs Jeblog), Desa Mronjo (Situs Watu Bonang), dan Desa Bendosewu (Candi Tapan). Rute menuju Desa Jabung adalah sebagai berikut: Blitar – Kanigoro – Perempatan Kanigoro ke timur – Pertigaan Pasar Bendosewu ke selatan (belok kanan) – bertemu perempatan belok ke kanan – Desa Jabung (Tugu masuk Desa Jabung).

Di Desa Jabung ini dapat dijumpai benda cagar budaya (BCB) berupa yoni. Yoni tersebut terletak dipinggir jalan. Kondisinya terpendam sehingga hanya tampak bagian atasnya. Cerat yoni tersebut juga telah patah.

yoni jabung blitar

travellers in situs jabungTidak jauh dari yoni tersebut juga pernah ditemukan artefak lain berupa potongan kepala arca tokoh wanita. Penduduk setempat menyebutnya dengan kepala Dewi Sri. Potongan arca tersebut ditemukan saat sedang menggali parit sawah tak jauh dari lokasi yoni berada. Kini kepala arca tersebut telah disemen di tembok pekarangan salah seorang warga.

Keberadaan peninggalan sejarah ini telah membuktikan adanya suatu peradaban yang pernah mendiami wilayah Jabung di masa silam. Resapi makna yang tersirat dari peninggalan peradaban masa silam. Mari lakukan yang terbaik untuk esok yang lebih baik.


Writer : Galy Hardyta

Photographer : Galy Hardyta & Muhammad Rofi’i (Upheeck)

Participant: Galy, Upheeck

One Comment

  1. wah .. kalau pemerintah tidak cepat turun tangan … bisa hancur dan hilang peninggalan yang sangat bersejarah ini ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *