Skip to content

Situs Mlorah Nganjuk, Punden Desa dengan Tinggalan Masa Klasik

situs mlorah

Situs Mlorah.

Kerap kali pada sebuah punden desa tersimpan benda-benda cagar budaya masa klasik, hal tersebut juga berlaku pada punden desa di Mlorah Nganjuk. Ini lah Situs Mlorah atau yang kondang disebut Punden Desa Mlorah.

Deskripsi Situs

Situs Mlorah atau Punden Mlorah terdiri dari sebuah lingga dan beberapa fragmen batu. Lingga beserta fragmen batu berada di sela-sela akar pohon yang menaungi situs. Lingga merupakan simbol perwujudan Dewa Siwa dalam Agama Hindu atau dapat pula menyimbolkan sifat maskulinitas. Lingga umumnya memiliki bagian atas berbentuk segi enam/ segi delapan dan bagian bawah berbentuk persegi. Lingga dapat berdiri sendiri, berfungsi sebagai penanda batas sebuah wilayah. Lingga dapat pula diletakkan berpasangan dengan yoni dan membentuk kesatuan lingga yoni yang berfungsi sebagai sarana pemujaan. Salah satu contoh persatuan lingga yoni dapat ditemukan di Situs Tanjungkalang Nganjuk.

Situs Mlorah Nganjuk, Punden Desa dengan Tinggalan Masa Klasik 3

Lingga.

Keberadaan lingga di Desa Mlorah ini menjadi penanda bahwa Kawasan Mlorah telah memiliki aktivitas keagamaan pada masa klasik silam. Pesan tersebut dapat sampai pada kita hingga hari ini, secara tidak langsung berkat adanya punden desa yang masih lestari.

Lokasi dan Rute

Punden Mlorah secara administratif berada di Desa Mlorah, Kecamatan Rejoso, Kab. Nganjuk. Punden desa ini sangat mudah dijumpai karena letaknya berada di pinggir jalan raya Nganjuk – Gondang. Keberadaannya ditandai dengan sebuah pohon yang dikelilingi pagar di selatan Kantor Desa Mlorah.


Writer: Galy Hardyta

Selftraveling

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!