Skip to content

Pantai Sidem, Hamparan Keindahan di Teluk Popoh Tulungagung

Teluk Popoh yang terkenal dengan Pantai Popoh dan Padepokan Reco Sewu ternyata masih menyimpan keindahan lain. Ya, teluk Popoh yang merupakan salah satu teluk besar di pesisir selatan Jawa Timur ini memang memiliki deretan pantai yang memukai. Ada Pantai Sidem, Gemah, dan Klatakan. Yang akan DTrav ulas dalam artikel kali ini adalah Pantai Sidem.

Pantai Sidem terletak tepat di barat Pantai Popoh. Secara administratif masuk dalam wilayah Desa Besole, Kec. Besuki, Tulungagung. Loket masuknya jadi satu dengan Pantai Popoh. Cukup dengan membeli tiket seharga Rp. 10.000,- travelers sekalian sudah dapat mengunjungi kedua pantai tersebut. Dari Popoh ada dua jalur yang dapat digunakan untuk menuju Pantai Sidem. Jalur pertama adalah melewati jembatan di tebing karang sebelah barat Popoh. Jalur kedua adalah jalur kendaraan yang searah dengan jalan keluar dari Kawasan Wisata Pantai Indah Popoh. Pantai Sidem dapat diakses baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Pantai Sidem ini sangat luas. Pemandangan utama yang dapat kita saksikan dari sini adalah Dermaga Popoh di sebelah timur, dan bentangan Pantai Gemah di sebelah barat. Jika menghadap kedepan kita dapat menyaksikan pemandangan Teluk Popoh lengkap dengan deretan perahu-perahu pencari ikan. Jika menoleh ke belakang kita dapat menyaksikan cerobong Bendungan Niyama dan Puncak Gunung Senarang.

Pantai Sidem memiliki pasir berwarna cokelat. Adapun serpihan kecil yang banyak terlihat di sepanjang garis pantai itu adalah pecahan kerang. Ombak pantai ini sangat tenang sebagaimana umumnya ombak-ombak pantai teluk.

Pantai Sidem sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung. Banyak pula spot-spot foto yang kece yang disediakan di sepanjang pantai. Di belakang pantai juga berjajar sejumlah kedai-kedai makanan. Pantai ini cukup nyaman lah untuk dikunjungi baik solo traveling maupun bersama keluarga.

Bagi travelers sekalian yang tertarik untuk mengunjungi Pantai Sidem dapat menyusuri rute Pantai Popoh karena mereka sejalur. Dari Tulungagung silahkan menuju ke selatan ke arah Boyolangu. Lanjutkan ke Campurdarat hingga tiba di lampu merah Polsek Campur darat. Dari situ belok ke kiri (ke selatan) mengikuti petunjuk arah yang sudah tersedia hingga di lokasi pantai. Dari arah Trenggalek kalian dapat melewati Bandung, kemudian di lampu merah Polsek Campurdarat belok ke kanan mengikuti petunjuk arah.