Skip to content

Museum Anjuk Ladang Nganjuk

Museum Anjuk Ladang adalah museum daerah di Kabupaten Nganjuk. Museum ini menyimpan berbagai artifak peninggalan sejarah dan kebudayaan yang ada di wilayah Nganjuk. Museum Anjuk Ladang terletak tak jauh dari Terminal Anjuk Ladang tepatnya di Jl.Gatot Subroto, Kelurahan Kauman, Kecamatan Nganjuk. Museum ini mengambil nama Anjuk Ladang merujuk dari nama prasasti yang digunakan sebagai dasar penetapan berdirinya Kabupaten Nganjuk yakni Prasasti Anjuk Ladang.

Museum dibangun pada tahun 1996. Sebelum sepenuhnya difungsikan sebagai museum dulunya bangunan ini dijadikan sebagai kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Nganjuk. Pada tahun 2003 museum mulai berfungsi sepenuhnya. Sebelum tahun 1996, Kabupaten Nganjuk sudah memiliki “balai arca” yang terletak di Kelurahan Mangundikaran, dekat Alun-alun Nganjuk. Balai Arca ini digunakan sebagai tempat untuk menyimpan artifak-artifak Nganjuk, namun saat itu belum ada inventarisir yang jelas. Oleh karena itu, sebagian besar koleksi yang dimiliki Museum Anjuk Ladang saat ini ditulis berasal dari Kelurahan Mangundikaran, karena tidak atau belum diketahui letak sebenarnya.

Berikut beberapa koleksi Museum Anjuk Ladang:

Arca Durga

Arca Dwarapala

Arca Ganesa

Arca Nandi

Arca Nandiswara dan Mahakala

Arca Pancuran

Arca Parwati

Arca Perwujudan Siwa

Arca Singa

Arca Siwa

Arca Wanita

Arca Wisnu

Arca logam Rara Kuning, ditemukan di Obyek Wisata Roro Kuning

Batu berukir

Fragmen Kala

Jambangan batu berinskripsi

Lingga

Lingga Yoni

Selain koleksi berupa arca-arca, Museum Anjuk Ladang juga menyimpan koleksi lain berupa fosil, koleksi etnografi dan numismatik. Bisa disimak pada halaman selanjutnya.

Pages: 1 2

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *