Skip to content

Lika-Liku Pendakian Gunung Kelud Via Karangrejo Blitar

Selama ini Gunung Kelud memang sudah tersohor sebagai salah satu obyek wisata andalan di Jawa Timur. Berbagai infrastruktur wisata sudah dibangun lengkap, terutama dari arah Kediri. Akan tetapi, letusan dahsyad Gunung Kelud di tahun 2014 telah merusak sebagian besar infrastruktur tersebut. Dengan sisa-sisa kerusakan, gunung ini mampu bangkit dan kembali dibuka untuk tujuan wisata, meski kini areanya dibatasi.

pos 5 karangrejoLain dengan di Kediri, di Blitar jalur pendakian kelud mulai dilirik pasca erupsi. Sebenarnya pendakian Kelud via Blitar sudah ada sejak dulu. Tapi entah kenapa pasca erupsi jalur-jalur pendakian menjadi ramai. Di Blitar Sendiri ada banyak jalur pendakian menuju Kelud, yang populer adalah pendakian Gunung Kelud via Karangrejo dan Tulungrejo.

Untuk memeriahkan hegemoni ini, kami mencoba ambil bagian, yakni dengan melakukan pendakian Kelud via Blitar. Tujuan kami adalah untuk semakin mempopulerkan pendakian Kelud via Blitar. Jalur pendakian yang kami pilih adalah jalur Karangrejo. Dengan pertimbangan jalurnya pendek, cocok lah dengan pengalaman kami yang belum seberapa.

Penjalanan ber 12 ini kami mulai dari Garum. Rute yang kami pilih adalah perempatan Garum ke utara , mengikuti jalan sampai pertigaan Klepon – dari pertigaan Klepon ke utara mengikuti jalan sampai pertigaan pasar Karangrejo – dari pasar kami menjumpai plang ke arah jalur pendakian. Kami mengikuti petunjuk arah hingga akhirnya sampai di pertigaan setelah Kantor Desa Karangrejo. Dari pertigaan tersebut kami berbelok ke utara mengikuti rute menuju jalur pendakian.

Kondisi jalan cukup beragam, mulai dari jalan rabat beton hingga jalan tanah yang bledu. Semakin lama jalanan mulai menanjak dan cukup memacu adrenalin. Bahkan ada jalan yang harus dilalui dengan menuntun dan mendorong kendaraan. Kendaraan bisa melintas sampai tempat parkir yang disediakan.

Pendakian Gunung Kelud via Karangrejo pun kami lakukakan dengan senyantai mungkin. Tujuan kami kerucutkan, minimal cukup sampai di puncak Gajah Mungkur saja. Yang terpenting bisa sampai dan pulang bersama-sama. Waktu normal yang dibutuhkan dari tempat parkir ke puncak sekitar 1,5 jam, sedangkan waktu kami adalah 2 jam, soalnya sempet nyasar juga hehe 😀

pendakian kelud via blitar

perjalanan pendakian kelud via karangrejoSetelah menempuh perjalanan yang cukup berliku akhirnya kami sampai di puncak Gajah Mungkur 1.252 mdpl. Tempat ini bukanlah puncak tertinggi kelud, sebenarnya masih sekitar satu jam lagi jika ingin melanjutkan perjalanan menuju Kawah Kelud.

travellers in puncak gajahmungkurOiya nama nama puncak di Kelud memang banyak versi. Selain di sini, nama Gajah Mungkur juga bisa dijumpai di beberapa puncak Kelud lainnya. Yang jelas, dari jalur Karangrejo ini kita akan sampai di selatan tebing Sumbing. Kalau pernah ke Kawah Kelud sebelum erupsi pasti familiar dengan tebing Sumbing. Itu lho.. tebing di selatan kawah yang tegak seperti tembok 😀

tebing sumbingAlhamdulillah tidak ada kendala yang berarti dalam pendakian ini. Semua aman meski pendakiannya cukup greget. Medannya terjal, harus melewati tangga besi sebanyak 3 kali, selain itu untuk menuju ke puncak Gajah Mungkur harus berjuang ekstra karena kemiringannya hampir 75°. Keren 😀

Ayo cobain dan populerkan pendakian Gunung Kelud via Karangrejo. Safety first 😛 and jaga kebersihan guys.


Writer : Dafid & Zid

Editor : Galy Hardyta

Photographer :

  • Anggun
  • Special thanks to Dea Atmaji untuk foto barengnya 😀

Participant: Anggun, Bagus, Dafid, Zid, Agrivina, Aguf, Aima, Dea, Eliyana, Ganden, Koko, Yui

13 Comments

  1. mantap ceritanya bro.. asli keren banget poto2nya..

    boleh kali, kalo ada rencana mendaki gunung lagi kabar2i saya.. kali aja kalao waktunya cocok bisa mendaki bareng. heeh

  2. Muchlas Purnama Muchlas Purnama

    Mas.. Jalur ini yang paling rekomended kah kalo via Blitar? Bisa nyampe puncak kalo aksesnya lewat sini? Thanks

  3. arigato banderas arigato banderas

    ada nomor kontak yg bisa dihubungi jika membutuhkan guide lokal?, trims

  4. setiya setiya

    min…. bisa kasi info, saya dari malang, klo naek kereta api, turun di stasiun apa y?
    armada menuju ke lokasi, pakek apa saja dan berapa?
    trimakasih….

  5. kalau mau pendakian via Karangrejo ini turun di stasiun Garum mas, untuk armada kita ada ojek wisata khusus antar jemput wisatawan, atau kalau mau pendakian via Tulungrejo mas, yg lebih ramai, turun dari kereta di st.Wlingi untuk armada ke lokasi ojek wisata dg tarif 45.000 dr St. ke Lokasi Kantor Pendaki

  6. Fiya Fiya

    Kak tanya kalo jalur blitar apa ad kantor atau stasiun pengawas gunung kelud nya?

  7. Kalau pengawas aktivitas kegunungapian kok belum ada ya sepertinya. Kalau pos pendakian ada. Gardu pandang wisata juga ada tapi tempatnya terpisah.

  8. verihandsome verihandsome

    mas boleh tanya, punya CP pos prijinan via karangrejo nggk?
    ak mau lwt sana soalnya ada kabar yg jalur tulungrejo itu ditutup…

  9. Minggu kemarin pendakian Tulungrejo masih aktif, rekan rekan kami masih bisa mendaki via Tulungrejo. Kurang tau jika ada penutupan. Kalau jalur karangrejo lami biasanya langsunh mendaki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *