Skip to content

Pantai Wedhen Ciut Sumberpucung, Jelajah Santai Blitar Selatan

kala

Perjalanan kali ini tak seserius perjalanan-perjalanan D’Trav sebelumnya. Dengan santai kami menuju Blitar selatan mencari keberadaan Rowo Banyu Biru di Kec. Panggungrejo. Kubangan itu cukup besar bahkan menyerupai danau saat dilihat dari peta. Letaknya yang berada di tepi semudra membuat kami berekspetasi lebih terhadap danau tersebut.

Rute yang kami ambil adalah rute menuju Pantai Umbul Baros, yakni: Blitar – Sutojayan – Panggungrejo (arah Pantai Serang) – Percabangan beringin Panggungrejo ke kiri (arah Peh Pulo) – Memasuki Sumbersih ambil kiri menuju Sumberpucung. Jalur ini memang belum sepopuler jalur menuju Peh Pulo. Kebanyakan kalau ada yang mencari Umbul Baros pasti nyasar ke arah Peh Pulo. Untuk itu, kalau belum hafal jalan bisa tanya warga sekitar dengan key word: Pantai Umbul Baros/ Pantai Bukit Indah. Kami yang sudah hafal rute, tidak mengalami halangan berarti selama perjalanan.

Dari lingkungan Sumberpucung kami melanjutkan perjalanan menuju Umbul Baros. Kami mengikuti rabat beton hingga menjumpai percabangan tepat sebelum turunan menuju Umbul Baros. Kami mengambil percabangan ke kanan. Di sini kami sempat diingatkan warga sekitar bahwa jalan yang kami ambil bukanlah arah menuju Umbul Baros. Tapi setelah menjelaskan tujuan yang sebenarnya adalah Rowo Banyu Biru, kami justru diantar oleh beliau.

Jalanan tanah yang sedikit terjal kami lalui dengan santai, hingga akhirnya sampai di danau yang dimaksud. Astaga!!!! Danaunya kering dan hanya menyisakan cekungan besar. Cekungan tersebut dimanfaatkan warga sekitar untuk menanam cabe. Ya sudahlah kami lanjut ke Plan B, mencari pantai terdekat untuk dijelajahi.

Kami pun melanjutkan perjalanan. Pantai terdekat berada dibalik bukit sisi barat danau. Tak seberapa lama menjelajah, kami melihat ada cekungan mirip pantai tidak jauh dari jalan. Kami berhenti sejenak dan memastikan kalau cekungan tersebut bukan ilusi. Wah benar, ternyata itu adalah sebuah pantai. Kami pun bergegas turun 😀

sumberpucung blitarSebuah pantai terlihat dari kejauhan

road to wedhen ciut sumberpucungLangsung meluncur ke pantai

Wwaaww.. Pantainya keren. Pantai ini oleh warga sekitar disebut Pantai Wedhen Ciut. Namanya emang sama dengan salah satu pantai di Peh Pulo, tapi karakteristiknya jelas beda dong 😛

sumber pucung wedhen ciutPantai Wedhen Ciut di Sumberpucung ini dibentengi oleh bebatuan karang yang indah. Saat surut bahkan karangnya akan menyerupai Kedung Tumpang.

pantai wedhen ciut

pantai wedhen ciut blitarSaat ombak datang, hantamannya akan merambati karang sehingga sampai di bibir pantai dengan halus. Tidak puas dengan hanya duduk-duduk di pantai, kami juga menjelajahi tebing-tebing di sekitar pantai untuk mendapatkan gambar pantai yang lebih dramatis.

wedhen ciut blitar

wedhen ciut

wedhen ciut sumberpucung

ombak wedhen ciutSementara itu ada pula dari kami yang menyiapkan makanan untuk disantap nanti.

masak

unoSetelah puas menjelajahi seluruh sudut pantai kami pun beristirahat. Bersantai sembari main UNO dan menyantap ketela bakar. Sungguh penjelajahan yang menyenangkan, jarang-jarang kami santai-santai seperti ini 😀 Biar dibilang santai kayak di pantai.

travellers at wedhen ciut sumberpucung


Writer : Galy Hardyta

Participant: Adon, Anggun, Bagus, Enny, Galy, Upeck, Aguf, Baskara, Chusna, Dea, Eliyana, Fariz, Lia, Ova, Rezka

3 Comments

  1. ikhwan ikhwan

    mas , bek e munyer2 ng wilyah blitar aku di jak to ,menowo bae pas aku senggang , siap jelajah 🙂

    0856 4667 4677 niki wa kulo

  2. Monggo join saja di grup FB kami D’Travellers Blitar. Semua kegiatan kami bisa diikuti di sana. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *