Skip to content

Gua Lowo, Primadona Wisata Gua di Trenggalek

gua lowo

Gua Lowo.

Ngomongin wisata gua di Trenggalek, tentunya tidak akan lepas dari nama besar Gua Lowo. Memang sih wisata gua di Trenggalek bukan cuma Gua Lowo, masih banyak wisata gua lainnya yang tak kalah menarik, misalnya saja Gua Ngerit. Tapi kalau ngomongin Gua Lowo, tentu semua sepakat dengan ke-legend-an nya. 😀

Lokasi dan Rute

Gua Lowo secara administrasi terletak di Desa Watuagung, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek. Lokasi obyek wisata ini sangat strategis karena searah dengan Teluk Prigi yang terkenal dengan wisata pantainya.

Dari Trenggalek silakan menyusuri Jalan Raya Trenggalek-Tulungagung hingga Pertigaan Durenan. Dari Pertigaan Durenan ini sudah terdapat plang petunjuk arah menuju sejumlah obyek wisata di Kec. Watulimo yang salah satunya adalah Goa Lowo. Lampu merah Pasar Bandung belok kanan kemudian ikuti jalan raya. Jika kalian dari arah Campurdarat, lampu merah Pasar Bandung lurus saja. Obyek wisata Goa Lowo terletak di kiri jalan.

Tiket Masuk

Untuk menikmati kemegahan Gua Lowo, kalian akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- per orang. Tiket ini belum termasuk retribusi parkir, besaran nilainya sesuai dengan jenis kendaraan.

Fasilitas

Gua Lowo, Primadona Wisata Gua di Trenggalek 2

Fasilitas pendukung.

Fasilitas wisata di area wisata Goa Lowo sangat lengkap mulai dari toilet, mushola, kedai oleh-oleh, area bermain, dan panggung hiburan. Area parkirnya juga cukup luas, sehingga memudahkan kendaraan besar untuk parkir.

Fasilitas di dalam gua juga tak kalah keren. Untuk menikmati kemegahan stalaktit stalagmit dan relung-relung indah di dalam gua, sudah tersedia akses jalan yang mudah. Akses tersebut berupa jalan beton yang telah dilengkapi pagar pengaman. Benar-benar memanjakan wisatawan banget.

Gua Lowo, Primadona Wisata Gua di Trenggalek 3

Akses jalan di dalam gua.

Keindahan Gua Lowo

Gua Lowo ini benar-benar menawan. Guanya cukup luas panjang dan berkelok-kelok. Keindahan stalaktit dan stalagmit Goa Lowo semakin tampak meriah karena diterangi oleh lampu warna warni. Oiya gua ini disebut sebagai Gua Lowo karena di dalamnya memang dihuni oleh ratusan kelelawar. Kelelawar dalam bahasa Jawa disebut dengan sebutan lowo. Sarang kelelawar di gua ini berada pada bagian belakang, sehingga tak mengherankan bila semakin ke belakang, bau amoniak kotoran kelelawarnya semakin tercium kuat.

Gua Lowo, Primadona Wisata Gua di Trenggalek 4

Sri Ratu Lowo. Patung ikonik di area wisata ini.

Gua Lowo, Primadona Wisata Gua di Trenggalek 5

Tunel yang dihiasi dengan foto foto obyek wisata di Trenggalek. Tunel ini akan kalian jumpai sebelum memasuki mulut gua.
Gua Lowo, Primadona Wisata Gua di Trenggalek 6

Keindahan Goa Lowo

Gua Lowo, Primadona Wisata Gua di Trenggalek 7

Lika liku di dalam gua.

Sejarah Penemuan

Berdasarkan cerita rakyat, Gua Lowo ditemukan oleh Mbah Lomedjo pada tahun 1931. Pada tahun 1984 gua ini mulai buka sebagai destinasi wisata.

Gua Terpanjang dan Terbesar se Asia

Gua Lowo ini diklaim sebagai salah satu gua terpanjang dan terbesar se Asia. Klaim ini didasarkan pada penelitian Dr. Robert K Kho dan Gilbert Mantovani pada sekitar tahun 1984. Benarkan demikian? Berdasarkan data tahun 2018, gua terpanjang se Asia adalah Gua Shuanghe di China. Lalu siapakah Dr. Robert K Kho dan Gilbert Mantovani? Kami belum menemukan referensi mengenai Dr. Robert K Kho. Mungkin di antara travelers sekalian ada yang tau? Boleh diinfokan di kolom komentar ya. 😀 Sementara itu, tokoh Gilbert Mantovani benar adanya. Beliau adalah seorang speleolog (ahli gua) yang meneliti sejumlah situs gua di Prancis, Indonesia, Maroko, Rumania dan Hungaria.

Terlepas apakah Gua Lowo ini terpanjang se Asia atau tidak, bagi DTrav itu tidak penting. Faktanya gua ini memang benar-benar indah dan memukau. Jika kalian penasaran langsung aja kunjungsi gua ini dan buktikan keindahannya.


Writer : Galy Hardyta

Sumber : Papan katerangan Gua Lowo

Participant : Ardi, Galy, Rendro, Ipan

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!