Skip to content

Candi Klotok, Candi Bata di Dekat Selomangleng Kediri

Candi Klotok, Candi Bata di Dekat Selomangleng Kediri 2

Kawasan Wisata Gua Selomangleng memang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata sejarah di Kota Kediri. Selomangleng berada tak jauh dari Museum Airlangga dan Gunung Klotok. Nah, pada salah satu lereng Gunung Klotok terdapat peninggalan sejarah lainnya yaitu Candi Klotok.

Rute menuju Candi Klotok cukup mudah untuk diikuti. Dari pertigaan pintu masuk Wisata Gua Selomangleng silahkan belok kiri mengikuti jalur gunung yang menanjak dan memutar. Tak seberapa jauh menyusuri jalan tersebut travelers sekalian akan menjumpai petunjuk arah menuju Candi Klotok. Kendaraan bermotor dapat kalian parkirkan di sana, kemudian lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Candi Klotok, Candi Bata di Dekat Selomangleng Kediri 3

Pendakian ke lereng Klotok tak terlalu makan waktu lama, kira kira hanya 15 – 20 menit saja. Ikuti jalan setapak, nanti saat menjumpai percabangan ambil jalan yang menyeberangi sungai kecil. Pada sejumlah titik ada tanjakan yang telah diberi tali pengaman. Ada pula undakan tangga yang tersusun dari bata kuno. Tak seberapa lama mendaki kalian akan tiba di lokasi Candi Klotok.

Candi Klotok menghadap ke barat dengan kondisi yang telah runtuh. Bagian yang tersisa adalah kaki dan pondasi candi yang tersusun dari bata merah. Dari bagian yang tersisa itu masih dapat dilihat bagian tangga masuk dan sebagian pipi tangganya. Candi ini memiliki dua tangga masuk, di depan kanan dan depan kiri. Dari bagian pipi tangga yang tersisa, samar-samar Candi Klotok memiliki pipi tangga bergaya ukel gelung. Contoh candi lain yang memiliki dua tangga masuk dan pipi tangga bergaya ukel gelung dapat dilihat pada Candi Penataran, Candi Jago, dan Candi Kesiman.

Candi Klotok, Candi Bata di Dekat Selomangleng Kediri 4

Bagian ojief pada kaki candi

Candi Klotok, Candi Bata di Dekat Selomangleng Kediri 5Pipi tangga

Periodisasi Candi Klotok masih merupakan misteri, sebab belum ditemukan catatan sejarah mengenai bangunan tersebut. Jika dibandingkan dengan peninggalan-peninggalan sejarah di sekitarnya, itu juga tidak mudah. Sebab peninggalan sejarah seperti Gua Selomagleng dimanfaatkan dalam rentang waktu yang cukup lama yakni sejak era Kahuripan hingga Majapahit. Terbukti dengan ditemukannya inskripsi berangka tahun 1353 Saka. Periodisasi Candi Klotok mungkin dapat ditinjau melalui pendekatan gaya bangunan. Jika diamati sepintas, gaya arsitektur Candi Klotok tidak jauh berbeda dengan candi-candi dari era Majapahit. Untuk mengungkap fakta yang sebenarnya masih perlu dilakukan penelitian dan pengkajian yang mendalam.

Candi Klotok, Candi Bata di Dekat Selomangleng Kediri 6


Writer: Galy Hardyta

Participants: Banyak banget

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan