Skip to content

Candi dan Prasasti Sumberingin Kidul, Jejak Krtajaya di Tulungagung

Candi Sumberingin Kidul secara administratif masuk dalam wilayah Desa Sumberingin Kidul, Kecamatan Ngunut, Tulungagung. Posisi candi ini berada di area pemakaman desa. Bangunan candi tersusun dari bahan bata dan sebagian komponennya berbahan batu seperti umpak dan arcanya.  Kondisi candi kini telah runtuh dan beberapa strukturnya tersebar di area pemakaman.

Struktur terbesar berapa dibawah pohon raksasa, pada struktur ini dijumpai beberapa umpak batu. Sementara itu struktur lainnya ada yang disusun menjadi makam.

Arca yang masih dapat dijumpai pada komplek candi ini adalah arca dwarapala (reco pentung). Uniknya arca dwarapala ini digambarkan jongkok di atas tumpukan tengkorak.

Arca Dwarapala

Struktur bangunan candi

Posisi Candi Sumberingin Kidul terletak tak jauh dari Prasasti Sumberingin Kidul yang berada di Desa Sumberingin Kulon. Prasasti Sumberingin Kidul pernah dilaporkan Damais dalam Etudes d’epigraphie Indonesienne: IV. Discussion de la date des inscriptions. Hasil pembacaan prasasti sebagai berikut:

Sisi Recto (depan)

  1. ……..(lancana raja) 1 1– jyestamasa [tithi] panca

Sisi Verso (belakang)

  1. mi . suklapaksa . tu . ka . su .
  2. –jarana . — — –mandala
  3. yottunggadewanama . tinadah
  4. — sri maharaja kumonake

Prasasti Sumberingin Kidul di Desa Sumberingin Kulon disebut pula Situs Punden Tulis.

Berdasarkan penelitiannya Damais menyimpulkan bahwa Prasasti Sumberingi Kidul dikeluarkan oleh Maharaja Srnnga atau Krtajaya, raja terakhir Kerajaan Kadhiri pada tahun 1126 Saka atau tepatnya 4 Juni 1204 Masehi.


Writer; Galy Hardyta

Sumber:

  • Damais, L.C. 1955. Etudes d’epigraphie Indonesienne: IV. Discussion de la date des inscriptions

Participant: Galy, Ali Moez, Chusna, Nikaliana

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *