Skip to content

Arca Karangrejo, The Best Nandi di Blitar

Di kaki Kelud, tepatnya di Desa Karangrejo, Kec. Garum, Kab. Blitar terdapat sebuah arca peninggalan sejarah yang menarik untuk ditilik. Arca tersebut terletak di perempatan desa, diletakkan di atas batu batu candi. Kondisi arca sudah diberi peneduh.

Perbandingan ukuran arca dengan manusia

Sejatinya, arca Karangrejo ini adalah arca nandi. Nandi adalah kendaraan Dewa Siwa berwujud lembu. Kondisi arca nandi Karangrejo telah rusak, bagian kepalanya patah. Meski sudah tidak utuh namun keindahan dari arca nandi ini masih dapat kita saksikan. Pada punggung arca terdapat pahatan berbentuk padma dan rantai. Pada bagian kaki depan terdapat pahatan bermotiv sulur dan tanaman. Bisa kita bayangkan bagaimana indahnya arca ini jika keadaannya masih utuh. Arca ini begitu indah dengan berbagai motif pahatan yang menghiasinya.

Sejumlah ornamen hias pada Arca Karangrejo

Arca Karangrejo ini memiliki ukuran yang cukup besar, bisa dilihat pada foto perbandingan di atas. Arca Karangrejo bercorak Hindu karena Nandi adalah salah satu makhluk suci dalam mitologi Hindu. Selain arca juga dapat dijumpai beberapa batu candi. Diduga dulu pernah ada bangunan candi di sekitar Karangrejo.


Writer: Galy Hardyta

Participants: Anggun, Galy

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *