Skip to content

Air Terjun Irenggolo Kediri, Destinasi Pembuka Sebelum Menyambangi Dolo

Di lereng timur Gunung Wilis yang masuk dalam wilayah Kab. Kediri terdapat salah satu obyek wisata yang cukup populer. Ini lah yang dikenal sebagai kawasan Wisata Besuki. Kawasan wisata ini menyuguhkan panorama alam yang memukau dan memiliki dua buah air terjun sebagai daya tarik utama, yakni Air Terjun Irenggolo dan Air Terjun Dolo. Secara administratif kawasan ini masuk dalam wilayah Desa Jugo, Kec. Mojo, Kab. Kediri.

Kawasan Wisata Besuki berjarak sekitar 25 km di barat Kota Kediri. Dari arah Kediri kawasan ini dapat dituju dengan mengikuti rute menuju Poh Sarang kemudian dilanjutkan ke arah Selopanggung lalu Besuki. Dari selatan, dari Tulungagung, Kawasan Wisata Besuki dapat dituju dengan berpatokan dari Karangrejo, Tulungagung kemudian menyusuri rute menuju Kecamatan Mojo, Kab. Kediri. Memasuki Mojo sudah akan terlihat adanya papan petunjuk arah menuju Besuki yang bertuliskan Air Terjun Dolo. Dari Blitar dapat berpatokan dari Jembatan Ngujang Ngantru. Pertigaan di selatan Jembatan Ngujang ke barat ke arah Karangrejo, kemudian mengikuti rute yang sama dengan rute Tulungagung.

Akses jalan menuju Besuki tergolong sudah nyaman, jalannya sudah beraspal hingga sampai di lokasi wisata. Kondisi jalannya berkelok-kelok menanjak dan menurun kas jalanan pegunungan. Di beberapa titik ada tanjakan yang terjal, dan ada beberapa tikungan tajam. DTrav sarankan bagi traveler sekalian yang ingin menuju ke mari untuk mempersiapkan kondisi kendaraan terlebih dahulu.

Tiket masuk Kawasan Wisata Besuki adalah Rp. 7.000,- per orang belum termasuk biaya parkir kendaraan (*harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola). Dengan biaya tiket yang murah ini kalian akan dimanjakan dengan sejumlah fasilitas yang memadai. Tersedia tempat parkir yang cukup luas, toilet, mushola, kantin-kantin, taman bermain anak, dan jalan beton yang akan memudahkan langkah kalian untuk menuju air terjun.

Air terjun yang akan DTrav ulas dalam artikel ini adalah Air Terjun Irengolo. Ada yang menyebutnya dengan nama Air Terjun Ironggolo. Air terjun ini merupakan air terjun pertama yang akan dilalui para traveler sekalian saat mengunjungi Besuki. Di ujung kawasan wisata ini ada Air Terjun Dolo yang bisa dikatakan sebagai air terjun utama di Besuki. Air Terjun Irenggolo adalah destinasi pembuka yang tepat sebelum kalian menuju Air Terjun Dolo.

Dari parkiran kendaraan, kalian harus berjalan kaki menyusuri jalan beton yang telah tersedia untuk menuju lokasi Air Terjun Ironggolo. Jalan beton tersebut melintang sejauh 300an m di antara rimbunnya vegetasi hutan. Suasananya sangat rindang dan menyejukkan. Kondisi jalannya cukup landai, tak seterjal dan sejauh jalan menuju Air Terjun Dolo, sehingga Irenggolo ini sangat cocok dibuat untuk pemanasan sebelum kalian sambang ke Dolo.

Setiba di lokasi Air Terjun Irenggolo kalian akan dibuat takjub. Air terjun ini begitu unik. Tebing air terjunnya berundak-undak menyerupai tangga. Aliran airnya mengalir lembut pada undakan-undakan tebing sehingga menimbulkan bunyi gemercik yang menenangkan. Di bawah air terjun terdapat kolam alami yang tak terlalu dalam. Banyak pengunjung baik anak-anak maupun dewasa yang bermain-main air di sekitar kolam ini. Ya, air terjun ini memang selalu ramai karena treknya lebih friendly ketimbang Air Terjun Dolo.


Writer: Galy Hardyta

Participant: Aima, Anggun, Chusna, Galy, Wahyuprass, Ivan.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *