Skip to content

Air Terjun Dolo, Primadona Wisata Air Terjun di Kediri

Air Terjun Dolo, ada pula yang menulis Air Terjun Dholo, secara administratif terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kec. Mojo, Kab. Kediri. Air terjun ini bersama dengan Air Terjun Irenggolo berada di Kawasan Wisata Besuki di lereng timur Gunung Wilis. Lokasinya berada sekitar 25 km di barat Kota Kediri. Dari arah Kediri air terjun ini dapat dituju melalui Poh Sarang kemudian naik ke Selopanggung hingga Besuki. Dari arah selatan seperti dari Blitar dan Tulungagung, air terjun ini dapat dijangkau dengan menyusuri Jalan Raya Jeli – Jalan Raya Mojo di perbatasan Kab Tulungaung dan Kediri. Nantinya sudah ada petunjuk arah yang jelas saat kalian berada di Jalan Raya Mojo.

Air Terjun Dolo sangat populer dikalangan masyarakat Kediri dan wilayah-wilayah sekitarnya. Ya, sebab air terjun ini menyuguhkan paket komplit. Fasilitasnya oke punya, adventurenya ada, dan alaminya dapat. Seperti apa sih keadaan Air Terjun Dolo, mari simak ulasan DTrav.

Air Terjun Dolo memiliki tinggi sekitar 125 m. Pada bagian bawahnya terdapat beberapa tingkatan sehingga bila dilihat dari dasar, air terjun ini akan tampak bersap. Airnya jernih dan dingin. Udara di sekitar air terjun juga sangat segar karena letak air terjun ini berada pada dasar lembah yang diapit oleh hutan alami lereng Wilis. Kesan alaminya dapet lah.

Untuk menuju air terjun yang berada di dasar lembah, travelers sekalian akan ditantang untuk menuruni ratusan anak tangga. Anak tangga tersebut cukup lebar dan telah dilengkapi dengan pegangan dan pagar pelindung. Alurnya berkelok-kelok dengan keterjalan yang bervariasi. Trek tangga ini lumayan panjang, jadi persiapkan fisik dan perbekalan bila diperlukan. Mungkin saat turun menuju air terjun, capeknya tidak akan begitu terasa, tapi nanti saat pulang, tangga-tangga itu akan menjadi tantangan tersendiri. Serukan? Hehehe. 😀

Untuk dapat merasakan keseruan Air Terjun Dolo, travelers sekalian hanya perlu merogoh kocek Rp. 7.000,- per orang belum termasuk biaya parkir kendaraan (*harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola). Murah bukan tiketnya? Tiket tersebut juga sudah termasuk tiket masuk ke Air Terjun Ironggolo. Fasilitas yang akan kalian dapatkan adalah tempat parkir yang luas, mushola, toilet, kedai-kedai makanan, dan infrastruktur yang akan membuat perjalanan kalian menjadi nyaman, seperti ratusan anak tangga yang sudah kami sebutin di atas.

Bagaimana? Sudah siap untuk menyambangi salah satu primadona wisata air terjun di Kediri ini? Jangan lupa siapkan kondisi fisik dan kendaraan ya. Air terjun ini terletak pada ketinggian 1.800 mdpl, jadi jalannya nanjak-nanjak gitu. Berkelok-kelok juga kas jalanan pegunungan. Pokoknya tetep persiapan ya. Keep safety traveling. 😀


Writer: Galy Hardyta

Participant: Aima, Anggun, Chusna, Galy, Wahyuprass, Ivan.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *