Skip to content

Wisata Rambut Monte Blitar, Paduan Panorama Alam dan Peninggalan Cagar Budaya

wisata rambut monte

Kawasan Wisata Rambut Monte terletak di timur laut Kabupaten Blitar, tepatnya berada di kaki Pegunungan Kawi, Desa Krisik, Kec. Gandusari. Kawasan wisata ini cukup dikenal dan masuk dalam top list wisata Blitar. Akses menuju kawasan wisata ini sangat mudah karena berada pada jalur utama Blitar – Ngantang.

Lokasi dan Rute

Kawasan Wisata Rambut Monte secara administratif masuk dalam wilayah Desa Krisik, Kec. Gandusari, Kab. Blitar. Rute menuju Wisata Rambut Monte adalah sebagai berikut: Dari Kota Blitar arahkan perjalanan ke timur ke ke arah Malang hingga memasuki Kota Wlingi. Pertigaan Rumah Sakit Ngudiwaluyo belok kiri mengikuti jalur Blitar – Ngantang hingga tiba di Desa Krisik. Wisata Rambut Monte terletak di kanan jalan setelah memasuki Desa Krisik.

Telaga Rambut Monte

Daya tarik utama kawasan Wisata Rambut Monte adalah keberadaan telaga alami dengan airnya yang jernih. Telaga ini tampak asri dan selaras dengan lingkungan di sekelilingnya.

Ikan Sengkaring

ikan sengkaringIkan Sengkaring Rambut Monte

Jika diperhatikan dengan seksama, ada yang unik dari Telaga Rambut Monte. Ternyata telaga ini dihuni oleh ikan langka yang tidak dijumpai di tempat lain. Ikan tersebut adalah Ikan Sengkaring yang masuk dalam Famili Cyprinidae, Genus Tor. Ikan Sengkaring ini dikeramatkan oleh masyarakat setempat. Konon menurut legenda yang beredar, ikan-ikan ini merupakan jelmaan dari murid-murid Rsi Rambut Monte. Mereka lalai akan tugas yang diberikan sang Rsi, sehingga dikutuk menjadi ikan dan mendiami Telaga Rambut Monte untuk selamanya. Oleh karena itu, jumlah Ikan Sengkaring di telaga ini dipercaya tidak berkurang dan bertambah.

Fasilitas

Para traveler dapat menikmati keindahan telaga dan mengamati gerombolan Ikan Sengkaring dari gardu pandang yang ada di tepi telaga. Dahulu hanya tersedia gardu kecil dari kayu. Kini gardu pandang Rambut Monte telah dibangun lebih besar dan kokoh sehingga dapat memuat banyak pengunjung sekaligus. Sungguh tiada duanya menikmati keindahan telaga Rambut Monte bersama Ikan Sengkringnya yang mistis.

gardu-pandang-rambut-monte-blitarGardu pandang baru

Wisata Rambut Monte Blitar, Paduan Panorama Alam dan Peninggalan Cagar Budaya 1Gardu pandang lama – Dokumentasi DTrav tahun 2013

kolam renang rambut monteKolam renang di belakang gardu pandang membuat kawasan wisata ini semakin menarik. Kolam renang ini merupakan hasil revitalisasi kolam lama yang sebelumnya telah rusak.

Candi Rambut Monte

Tak hanya menawarkan panorama telaga yang memukau dan mistis, kawasan Wisata Rambut Monte juga memiliki peninggalan cagar budaya berupa candi. Sesuai dengan letaknya, candi ini bernama Candi Rambut Monte.

Deskripsi Candi

Candi Rambut Monte tersusun dari batu andesit. Keadaannya telah runtuh dan menyisakan susunan struktur yang sudah tidak utuh. Sisa struktur candi yang ada saat ini berukuran 2.92 x 2.96 m. Susunan struktur yang terlihat saat ini mungkin sudah tidak sesuai dengan bentuk asli candi di masa lalu. Pada sisa struktur Candi Rambut Monte masih terlihat beberapa ragam hias seperti kala, ukiran kepala naga, lingga, dan lapik arca.

Wisata Rambut Monte Blitar, Paduan Panorama Alam dan Peninggalan Cagar Budaya 2

Kala Candi Rambut Monte tergolong unik karena digambarkan seperti sedang merangkak. Kala yang serupa bisa dijumpai pada Candi Simbatan (Petirtaan Dewi Sri Magetan). Di atas kala terdapat ukiran kepala naga. Di depan kala terdapat lingga yang telah patah. Lingga ini sangat indah karena memiliki hiasan padma di sekelilingnya. Dengan adanya lingga, diduga corak keagamaan Candi Rambut Monte adalah Hindu. Sementara itu, lapik arca sulit terlihat karena diletakkan di atas struktur candi. Kurang lebih ada tiga lapik arca berhiaskan motif padma.

Menurut cerita rakyat, candi ini dipercaya sebagai peninggalan Rsi Rambut Monte dari masa Majapahit. Sementara itu jika dianalisa dari segi penamaan, mungkin kata “Rambut” merupakan perubahan dari kata “Rabut”. Perubahan terjadi karena kata tersebut sudah tidak digunakan lagi sehingga penyebutannya berubah menyesuaikan dengan kosa kata yang lebih umum dikenal. Rabut, but merupakan kependekan dari buyut kemudian diberi awalan ra sebagai penghormatan. Rabut memiliki arti tempat penghormatan yang disucikan. Sedangkan kata monte merujuk pada sejenis tumbuhan.

Sejarah

Belum ditemukan sumber sejarah tertulis baik angka tahun maupun prasasti yang ditemukan di Candi Rambut Monte.

Riwayat Pelestarian

Candi Rambut Monte termuat dalam laporan Kegiatan Perlindungan dan Pembinaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala Tahun 1984 – 1986.

Tiket

Tiket masuk Wisata Rambut Monte adalah Rp. 3.000,- per orang. Tiket tersebut belum termasuk retribusi parkir. Untuk kendaraan roda dua, tiket parkir bertarif Rp. 3.000,-.

Info: tak jauh dari sini terdapat telaga lain yang tak kalah indahnya, telaga itu bernama Sumber Dandang

. . .

Bagi para traveler yang penasaran atau yang ingin mengulang momen indah di Rambut Monte, ayo datang dan datang lagi. Rasakan perpaduan antara keindahan alam, mitologi, dan peninggalan bersejarah sekaligus hanya di Wisata Rambut Monte Blitar. 😀


Writer: Zid

Photographer: Zid, Kunti

Sumber:

  • Sedyawati E., Hariani S., Hasan D., Ratnaesih M., Wiwin D. Sudjana R., dan Chaidir A. 2013. Candi Indonesia: Seri Jawa. Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Direktorat Jendral Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Participant: Zid, Herma, Kunti

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!