Skip to content

Tips Phonegrafi (Memotret dengan Kamera Ponsel)

phonegrafi-outdoorPada saat kita melakukan perjalanan atau “Dolan” tentu ada barang-barang yang kiranya wajib untuk dibawa, salah satunya adalah handphone (smartphone). Fungsi utama hp memang sebagai alat komunikasi, akan tetapi kecanggihan dan banyaknya fitur yang disediakan membuat nilai fungsi dari hp semakin bertambah. Salah satu fitur andalannya adalah kamera. Nah, kamera inilah yang mungkin menjadi salah satu alasan mengapa hp menjadi benda wajib yang harus di bawa saat “Dolan”. Meskipun kita bisa menggunakan kamera pro atau kamera pocket yang kualitas (pixel) nya lebih baik, tak jarang dari kita memilih membawa hp saja karena lebih mudah dibawa dan simple.

Berikut beberapa tips memotret dengan kamera ponsel / smartphone :

1. Pastikan fitur kamera pada ponsel selalu siap sedia untuk digunakan dalam kondisi apapun. Pastikan batrai dalam keadaan penuh, karena sering kali kita akan bertemu dengan momen-momen secara spontan dan tak terduga.

2. Untuk memotret outdoor pastikan memiliki pencahayaan alami yang cukup. Salah satunya adalah dengan memperhatikan cuaca saat akan melakukan perjalanan.

3. Sebelum menekan tombol shutter pada ponsel yang kita bawa, sebaiknya kita sudah membayangkan terlebih dahulu konsep foto seperti apa yang akan kita hasilkan. Dengan begitu foto yang kita hasilkan akan lebih memuaskan (minimal untuk kita sendiri).

4. Mengetahui informasi mengenai cuaca dan kondisi tentang tempat yang akan kita kunjungi adalah suatu keuntungan. Karena dengan begitu kita bisa langsung mendatangi tempat-tempat yang mana saja yang pas buat dichapture.

5. Jangan takut mencoba hal-hal baru. Cari spot baru, applikasi kamera baru, atau tema baru. Kalau biasanya kita hanya selfi atau groufi, coba kita alihkan dengan konsep yang lain seperti levitasi, force perspektif, dll.

6. Jaga agar kamera ponsel tetap stabil (tidak bergerak) pada saat memotret. Karena guncangan sedikit saja akan berpengaruh pada hasil fotonya. Kita bisa menggunakan tripot supaya hasilnya lebih maksimal.

7. Carilah objek paling menarik. Biasanya tempat yang jarang dijadikan objek foto justru bisa menjadi objek yang luar biasa ketika kita bisa memotret dengan sudut pengambilan yang pas.

8. Hindari zooming dari kamera secara langsung. Usahakan mendekat pada objek supaya hasil lebih bagus (tidak pecah/blur).

9. Ambilah foto sebanyak-banyaknya dengan sudut pengambilan yang berbeda. Sehingga kita bisa melihat dan memilah foto mana yang pas menurut selera kita. Gunakan applikasi pihak ketiga bila perlu, yaitu applikasi edit foto, agar kekurangan pada foto kita bisa minimalisir. Ada beberapa applikasi edit gratis untuk android seperti snapseed, picsart, dll.

10. Jangan lupa upload di sosial media yang kita punya.


By: Enny

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *