Skip to content

Taman Idaman Hati (RTH Wlingi Blitar)

taman idaman hati wlingiTaman Idaman Hati sebenarnya adalah apa yang selama ini kita kenal sebagai Hutan Kota Wlingi. Landmark Idaman Hati mulai disematkan pada tahun 2015 setelah hutan kota ini banyak mengalami perubaan yang massive. Dengan landmark baru ini Hutan Kota Wlingi semakin menjadi idaman hati bagi masyarakat Blitar.

Taman Idaman Hati merupakan Ruang Terbuka Hijau(RTH) atau Hutan Kota Wlingi berdasarkan SK Bupati Blitar No. 374 tanggal 6 Agustus 2007. Taman ini terletak di Jl. Urip Sumoharjo Wlingi, Kab Blitar, berjarak sekitar 20 km dari Kota Blitar. Rute menuju Taman Idaman Hati sangat simple, dari Kota Blitar arahkan perjalanan ke timur menuju Wlingi (arah Malang). Sampai di pertigaan Tugu Garuda Wlingi belok ke kiri. Taman Idaman Hati terletak di kanan jalan dengan landmarknya yang cukup mentereng.

ruang terbuka hijau wlingi

Sesuai fungsinya sebagai ruang terbuka hijau, di taman ini terdapat berbagai jenis tanaman. Kurang lebih terdapat 36 jenis tanaman seperti: Akasia Daun Besar, Alamanda, Sono Kembang, Suko, Beringin, Bougenvile, Bunga Sepatau, Cemara, Flamboyan, Embilina, Glodokan, Glodokan Tiang, Jambu Hutan, Jati Merak, Juwar, Kakau, Keben, Kembang Merak, Kenanga, Ketapang Laut, Mahoni, Mangga, Melinjo, Pelem Rojo, Penesoum, Penitian Pangkas Kuning, Kayu Manis, Kayu Putih, Puring Glatik, Sawo Manilo, Teh-tehan Pangkas, Jambu Jamaika, Kepel, Pucuk Merah, Trembesi, Juwet. Untuk memudahkan pengunjung mengenali jenis tanaman-tanaman, pada masing-masing tanaman sudah diberi keterangan, bahkan sebagian juga dilengkapi dengan nama latin.

Selain asri, Taman Idaman Hati juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti zona permainan anak, gazebo, dan jungle track. Kesemuanya ditata dengan apik sehingga memberikan rasa nyaman bagi pengunjung. Sedikit ke belakang juga terdapat tugu yang ikonik. Tugu ini dikelilingi oleh taman yang indah dan merupakan spot foto favorit para pengunjung taman.

taman idaman hati

taman idaman hati blitarKeberadaan Taman Idaman Hati semakin memperkaya wisata Blitar. Mari bersama-sama kita jaga kelestaraian taman ini. Mari mulai dengan hal-hal kecil seperti dengan menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya. Jaga keberlangsungan taman ini agar tetap menjadi idaman hati untuk hari ini esok dan seterusnya.

One Comment

  1. iangundalaseta iangundalaseta

    Keren nichh…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *