Skip to content

Situs Trenceng Selopuro Blitar yang Penuh Misteri

pohon samanTeronggok di bawah Pohon Saman raksasa. Terpinggirkan sepi di tengah persawahan yang membentang luas. Di sana lah letak situs peningalan sejarah yang kerap disebut dengan nama Selo Terbang berada. Secara administratif Selo Terbang terletak di Dusun Trenceng, Desa Popoh, Selopuro, Blitar. Oleh karenanya situs ini juga disebut dengan nama Situs Trenceng.

Rute termudah menuju Situs Trenceng adalah dengan berpatokan pada SDN Popoh 2. Dari SDN Popoh 2 ke utara sampai ketemu perempatan, kemudian belok kanan. Jalannya menurun kemudian kembali menanjak. Lurus saja mengikuti jalan. Sampai di area persawahan akan terlihat Pohon Saman raksasa yang menaungi Situs Trenceng.

Suasana di Situs Trenceng sangat lengang. Mungkin karena letaknya berada di tengah area persawahan. Hampir tidak ada lalu lalang penduduk kecuali para petani. Itu pun tedak setiap saat kita bisa menjumpai mereka. Suasana lengang yang dipadu kerindangan Pohon Saman membuat lokasi situs trenceng ini sangat nyaman untuk menenangkan hati.

travellers di situs trenceng

situs trencengSitus ini sendiri terdiri dari beberapa umpak batu dan pecahan benda cagar budaya. Kurang jelas bagaimana bentuk asli dari situs ini. Pada salah satu pecahan batu masih dapat dilihat pahatan yang menampilkan Padma. Padma adalah ukiran kelopak bunga teratai. Padma ini biasanya terdapat pada lapik arca maupun prasasti bercorak Hindu Budha. Sayang sekali karena masivnya kerusakan, bentuk asli situs ini masih merupakan misteri.

Umpak batu biasanya berfungsi sebagai landasan tiang penyangga bangunan. Mungkin umpak tersebut merupakan bagian dari bangunan yang menaungi obyek utama dari situs ini. Coba berandai-andai jika obyek utama dari Situs Trenceng adalah arca, mungkin wujudnya akan seperti arca Gayatri yang terletak di Candi Boyolangu Tulungagung. Sayangnya sekali lagi kita belum tau bentuk asli obyek utama situs ini.

situs trenceng blitar

selo terbangSaat kami mencoba bertanya pada warga sekitar, kebanyakan dari mereka juga tidak mengetahui kesejarahan dari Situs Trenceng. Keberadaan situs ini memang masih penuh misteri. Jika di antara teman-teman ada yang memiliki informasi mengenai situs ini, silahkan menambahkan pada komentar di bawah. Mari bersama-sama kita kuak misteri dari Situs Trenceng, Desa Popoh, Selopuro. Karena bisa saja situs ini memiliki arti penting bagi sejarah bangsa.


Writer : Galy Hardyta

Photographer : Adon

Participant : Adon, Galy, Syaiful

10 Comments

  1. au warga trenceng asli… au anak dari yg dlu mnjaga situs itu… dlu itu bentuk nya lingkaran besar seperti mangkok… dlu itu tmpat bermain anak” trrnceng waktu bln puasa…

  2. Hem.. kalo gitu kemungkinan ini adalah lapik arca atau bisa juga lapik stupa

  3. nggk tau mas wktu dlu sering main kesitu bentuk nya kyak mangkok…. mas kpn dtang nya ke desa saya dan siapa yg mmberitau mas klau ada situs kunu di desa saya

  4. mas orang mana sih

  5. Kami semua orang Blitar. Ada yang doko, talun, garum, sanankulon

  6. Niam Fauzi Niam Fauzi

    Wah bagus mas, Perlu dipetakan situs2 klasik di Blitar, Insyaallah saya akan bantu mas,

  7. Terimakasih mas. Silahkan join di grup FB D’Travellers Blitar. Kami sering diskusi disana, baik masalah wisata alam ataupun wisata minat kusus

  8. Niam Fauzi Niam Fauzi

    Oya, Ijin Saya mengutip data-data alamat setiap situs,, Saya Orang Ploso Blitar

  9. Monggo mas. Mohon cantumkan sumbernya ya. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *