Skip to content

Situs Sendang Kembar, Peninggalan Masa Klasik dari Gayam Kediri

situs sendang kembar kediri

Berita penemuan arca Situs Sendang Kembar Kediri sempat viral pada pertengahan tahun 2011 silam. Setelah sekian tahun berlalu, keberadaan arca dan benda cagar budaya di situs ini masih tetap terjaga.

Deskripsi Situs

situs sendang kembar

Situs Sendang Kembar merupakan sebuah kolam dengan sumber air yang di sekitarnya terdapat benda cagar budaya. Benda cagar budaya yang didapati di situs ini adalah sebuah arca ganesa, arca tokoh dan fragmen batu dakon. Menurut peneliti, keberadaan sendang dan benda benda cagar budaya tersebut merupakan satu kesatuan. Namun karena sendang tersebut telah mengalami pembangunan (diberi talut semen pada sekeliling sendang), sendang tidak digali untuk diteliti lebih lanjut.

Kondisi benda cagar budaya di Situs Sendang Kembar cukup terawat. Benda benda tersebut telah diamankan dengan ditanam pada lantai semen. Di sekelilingnya juga telah diberi pagar pelindung.

Situs Sendang Kembar, Peninggalan Masa Klasik dari Gayam Kediri 8

Situs Sendang Kembar, Peninggalan Masa Klasik dari Gayam Kediri 9

Kondisi arca sejak ditemukan memang sudah tidak utuh. Arca ganesa telah dalam keadaan aus. Arca ganesa Sendang Kembar memiliki ukuran tinggi 30 cm, lebar 25 cm, serta tebal 11 cm. Sementara itu arca tokoh sudah patah di bagian dada ke atas. Disebut arca tokoh karena bagian atasnya telah hancur sehingga tidak dapat dikenali lagi mengenai ketokohan arca tersebut. Dilihat dari bagian yang tersisa, arca tokoh ini terlihat sedang duduk bersila dengan sikap tangan dhyana mudra. Ukuran yang tersisa dari arca ini adalah tinggi 19 cm, lebar 30 cm, dan tebal 13 cm.

Riwayat Pelestarian

Situs Sendang Kembar, Peninggalan Masa Klasik dari Gayam Kediri 10

Berita penemuan arca pada Sendang Kembar sempat viral yakni pada tanggal 18 Juni 2011. Akan tetapi menurut masyarakat dan kepolisian setempat arca ini sudah ditemukan beberapa bulan sebelum viral. BP3 Trowulan (sekarang BPCB Jawa Timur) menerjunkan tim peneliti untuk melakukan pendataan situs ini pada tanggal 20 Juni 2011. Berdasarkan pendataan belum atau tidak ditemukan petunjuk kronologi sejarah dari benda benda tersebut, sehingga kesejarahan situs ini hanya dikaitkan dengan situs-situs terdekat seperti Gua Selomangleng yang berada tak jauh dari Sendang Kembar.

Lokasi dan Rute

Situs Sendang Kembar secara administratif terletak di Kelurahan Gayam, Mojoroto, Kota Kediri. Untuk menuju situs ini dari Kota Kediri silakan mengikuti Jalan Raya Kediri – Nganjuk. Lampu merah pertigaan Ngampel belok kiri ke arah barat (ada gapura bertuliskan Kelurahan Ngampel). Terus ke barat sejauh 1,9 km hingga menjumpai perempatan SDN Gayam 3 kemudian belok kiri ke arah selatan. Terus ke selatan sejauh 500 meter kalian akan menjumpai Gang Sendang Kembar di kanan jalan, silakan belok kanan mentok, kemudian belok kanan lagi. Sendang Kembar berada tak jauh dari situ, kalian dapat bertanya pada masyarakat sekitar untuk mengetahui titik pastinya. Kalian juga dapat mempelajari rutenya menggunakan google map dengan kata kunci “Arca Ghanesha Sendhang Kembar”.


Writer: Galy Hardyta

Selftraveling

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!