Skip to content

Purnama Seruling Penataran

Purnama Seruling Penataran (PSP) adalah sebuah pagelaran kesenian yang diselenggarakan di area Candi Penataran saat malam purnama. Event ini digagas oleh Dewan Kesenian Kabupaten Blitar (DKKB) dan mulai diselenggarakan pada tahun 2011. Awalnya event ini diadakan setiap bulan namun sejak tahun 2012 hanya diadakan empat kali dalam setahun.

Pagelaran Purnama Seruling Penataran bukanlah pagelaran seni semata. Penyelenggaraan event ini lebih ditekankan untuk menghidupkan kembali kearifan lokal Nusantara. Ya.. Karena dalam setiap penyelenggaraan PSP selalu dipentaskan sendratari maupun kesenian lain yang mangisahkan relief-relief dari Candi Penataran seperti cerita Sritanjung, Bukbuksah Gagangaking, Panji, Ramayana, dan masih banyak lainnya.

Selain manampilkan beraneka macam kesenian lokal, PSP juga dimeriahkan oleh kesenian-kesenian mancanegara yang dikolaborasikan dengan apik. Dipentaskannya kesenian-kesenian mancanegara bertujuan untuk mengangkat rasa persaudaraan antar manusia tanpa mebedakan suku dan bangsa. PSP benar-benar sebuah gelaran seni yang syarat makna.

Meskipun ramai dikunjungi, PSP selalu dapat terlaksana dengan kusyu’. Suasana mistis malam purnama yang dipadukan dengan iringan seruling, membuat para penonton menghayati setiap detail acara yang ditampilkan.

Keterangan lebih lanjut mengenai Purnama Seruling Penataran dapat di akses di official web http://www.purnamaserulingpenataran.com

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *