Skip to content

Menelisik Keunikan Situs Candi Tunglur di Kediri

Perjalanan ini berawal dari rasa penasaran kami terhadap penemuan situs peninggalan sejarah baru di Kec Badas, Kediri. Yang kami maksud adalah Situs Candi Tunglur di Dusun Sumberjo, Desa Tunglur. Situs ini ditemukan kembali dalam kondisi tertimbun pada Desember 2014 lalu.

candi tunglurTidak seperti biasanya, kali ini perjalan kami tidak dimulai dari Blitar, melainkan dari perempatan lampu merah Tulungrejo Pare. Selanjutnya kami mengambil arah Jombang. Kami terus melaju ke arah utara sampai bertemu dengan SD Tunglur. Tidak jauh dari SD, kami menjumpai papan petunjuk menuju situs. Selanjutnya kami mengikuti petunjuk dengan seksama, hingga akhirnya tiba di Situs Tunglur.

Setiba di lokasi kami langsung disambut oleh seorang ibu yang nampaknya merupakan juru pelihara Situs Candi Tunglur. Ibu Yayuk nama nya. Setelah berkenalan, beliau langsung menceritakan awal mula diketemukannya situs ini. Dulu suami beliau yang sedang menggali tanah untuk ditanami pohon pepaya menemukan batu bata kuno. Semakin digali semakin tampak struktur bangunan di dalamnya. Takut terjadi hal hal yang tidak diinginkan, beliau melapor ke pemerintah desa dan selanjutnya dilaporkan pada pihak terkait. Akhirnya diketahuilah kalau yang beliau temukan adalah struktur candi.

lapisan tanah situs tunglurSetelah mendengarkan cerita beliau, kamu melanjutkan untuk mengamati sitiap sudut dari Situs Candi Tunglur. Bagian Situs Tunglur yang terlihat saat ini adalah 3 struktur candi perwara (candi pendamping) dan sebuah candi induk. Semua struktur candi tersebut tersusun dari bata kuno dan berada di bawah permukaan tanah.

Kalau diamati, kita bisa melihat lapisan tanah yang menimbun Situs Tunglur ini berlapis-lapis. Ada lapisan yang berpasir. Diduga lapisan tersebut merupakan material dari letusan Gunung Kelud. Wah jadi bisa sekalian belajar geologi di sini. Mungkin untuk pengembangan ke depan dari Situs Tunglur ini bisa mencontoh Candi Kimpulan di Sleman DIY. Di sana sebagian struktur tanah yang menimbun candi tetep dipertahankan. Bahkan dilindungi dengan ruang kaca sehingga tetap utuh hingga sekarang. Kalau itu bisa diaplikasikan pada situs ini, tentunya akan semakin menarik.

Candi induk Situs Tunglur telah runtuh. Yang tersisa tinggalan bagian kaki dengan sumuran di tengahnya. Sepintas kondisi candi induk Situs Tunglur mirip dengan Candi Pundong di Jombang. Candi induk ini menghadap ke barat. Di depannya terdapat 3 candi perwara yang menghadap ke candi induk.

situs tunglur kediriCandi induk yang berhadapan dengan candi perwara tidak lah lazim dijumpai di Jawa Timur. Coba lihat Candi Penataran atau Candi Kotes di Blitar. Candi perwaranya tidak menghadap ke candi induk, melainkan searah dengan arah hadap candi induk. Justru Situs Tunglur ini mirip dengan candi-candi langgam Jawa Tengahan. Misalnya saja Candi Sambisari dan Candi Ijo di Selaman DIY yang perwaranya mengahadap ke candi induk. Hem.. benar- benar unik Situs Tunglur ini. Mungkinkah Situs Tunglur ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Kadiri? Sebagaimana dijelaskan diberbagai kajian bahwa arsitektur candi-candi masa Kadiri merupakan arsitektur peralihan. Yup, peralihan dari langgam Jawa Tengahan ke langgam Jawa Timuran. Apakah Situs Tunglur demikan? Menarik 😎

candi induk situs tunglurCandi induk

candi perwara situs tunglurCandi perwara

Sebenarnya selain struktur bangunan, menurut pengakuan ibu jupel juga ditemukan beberapa arca, namun saat ini sudah diamankan ke Trowulan. Entah yang dibawa arca yang bagaimana beliau juga kurang jelas hehehe. 😛 Tambah menarik nih. Tinggal nunggu release dari pihak terkait aja. Biar latar belakang candi ini semakin gamblang.

traveller blitar di situs tunglurD’Trav Blitar di Situs Tunglur Kediri. #shareBlitar everywhere


Writer : Zidny

Editor: Galy Hardyta

Participant: Galy, Zid

One Comment

  1. […] Bagian Situs Tunglur yang terlihat saat ini adalah 3 struktur candi perwara (candi pendamping) dan sebuah candi induk. Semua struktur candi tersebut tersusun dari bata kuno dan berada di bawah permukaan tanah. Jika di amati lapisan tanah yang menimbun situs Tunglur ini berlapis lapis. Ada lapisan yang berpasir, di duga lapisan tersebut merupakan material dari letusan Gunung Kelud. Pada candi induk Situs Tunglur ini sudah terlebih dahulu runtuh. Yang tersisa sekarang hanya tinggal bagian kaki dengan sumuran di tengahnya. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *