Skip to content

Larung Sesaji Pantai Tambakrejo Blitar

prosesi larung sesaji tmbakrejo

Prosesi larung sesaji di Blitar diselenggarakan di pantai-pantai utama, salah satunya adalah Larung Sesaji Pantai Tambakrejo. Prosesi ini diselenggarakan dalam rangka menyambut pergantian tahun yakni pada bulan Suro (Kalender Jawa) atau Muharam (Kalender Hijriah). Dalam prosesi ini dihaturkan ungkapan-ungkapan syukur atas hasil laut yang diperoleh selama setahun, serta harapan agar memperoleh hasil yang baik tanpa aral rintangan dikedepannya. Simbol rasa syukur itu diwujudkan dalam bentuk gunungan yang berisikan hasil bumi dan kepala hewan ternak. Nantinya tumpeng tersebut diarak untuk selanjutnya dilarung ke laut.

Prosesi larung sesaji Pantai Tambakrejo di buka oleh Bupati atau tokoh lain yang mewakilinya. Untuk mengawali rangakaian kegiatan ini, biasanya terlebih dahulu dibacakan sejarah Desa Tambakrejo dan tujuan dari prosesi larung sesaji. Selanjutnya gunungan yang telah didoakan diarak menuju bibir pantai.

larung sesaji tambakrejo blitar

larung sesaji blitar di tambakrejoTiba di bibir pantai, gunungan segera dinaikkan ke atas perahu untuk diberangkatkan menuju lautan. Terlebih dahulu perahu membawa gunungan berputar sebanyak 3 x mengelilingi teluk. Baru setelah itu gunungan ditenggelamkan ke laut untuk di larung.

larung sesaji pantai tambakrejo

perahu larung sesaji

tambakrejo larung sesajiGunungan dibawa mengelilingi teluk sembari diikuti perahu-perahu pendamping membentuk atraksi yang sangat menarik

larung sesaji tambakrejoKini prosesi larung sesaji selain sebagai sarana nguri-uri budaya juga merupakan salah satu daya tarik wisata. Hampir bisa dipastikan pada setiap gelaran larung sesaji, Pantai Tambakrejo selalu ramai dipadati pengunjung. Entah itu pengunjung yang penasaran atau memang pengujung yang merasa memiliki pengalaman spiritual terhadap prosesi ini. Banyak makna yang bisa diambil dari prosesi ini jika kita melihatnya dari sisi positif.

suasana larung sesaji blitar

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *