Skip to content

Kuliner Nasi Tiwul Khas Blitar

tiwul khas blitar

Nasi Tiwul atau Sego Tiwul sebenarnya bukan lah kuliner khas milik Blitar saja, hampir semua daerah di selatan tanah Jawa mengenal makanan ini. Terutama bagi penduduk yang bermukim di Gunung Kidul yang terbentang dari DIY hingga Jawa Timur. Nasi Tiwul khas Blitar lebih dikenal di wilayah selatan, terutama oleh penduduk yang mendiami wilayah Gunung Kidul.

Nasi Tiwul adalah nasi yang terbuat dari tepung singkong atau tepung gaplek, bukan “nggapleki” lho hihihi 😀 . Dulu jenis nasi ini muncul sebagai bahan pangan pengganti beras di wilayah-wilayah yang beriklim kering seperti di Gunung Kidul. Kini dengan sistem pengairan dan teknik bercocok tanam yang lebih modern, Nasi Tiwul sudah ditinggalkan sebagai bahan pangan pokok, karena padi sudah dapat ditanam di Gunung Kidul.

Saat ini Nasi Tiwul khas Blitar menjadi jenis kuliner yang unik. Banyak pemburu kuliner yang penasaran dengan rasa dari Nasi Tiwul yang mulai langka ini. Nasi Tiwul memiliki rasa yang gurih. Tekstur dan aromanya juga khas. Nasi ini biasanya disajikan dengan sayur lodeh dengan lauk ikan air tawar. Satu porsi Nasi Tiwul lengkap dengan lauknya dibandrol dengan harga Rp. 8.000an. Nah bagi yang penasaran, silahkan datang saja ke Blitar. Di Blitar, terutama di wilayah selatan masih banyak warung-warung yang menyajikan kuliner ini. Atau jika ingin mencoba memasakanya, beberapa pengusaha di Blitar juga menjajakan produk tiwul instan.

sego tiwulOkey cukup sekian ulasan singkat tentang Nasi Tiwul. Kami tunggu kedatangan kalian untuk berpetualang di belantara kuliner Blitar Raya 😀

3 Comments

  1. s s

    Mantap…. Kalau tiwul jadi masuk makanan kuliner.he…he..he.. aku dibesarkan dengan tiwul…… tapi sdh 35 th nggak tahu tiwul,,,,,bikin kangen tiwul Blitar, posisi di mana……?

  2. Di kademangan ada warung tiwul Bu Palal. Kami juga pernah disugui nasi tiwul pas nginep di rumah warga desa Ngadipuro Wonotirto, di sana masih ada yang mengkonsumsi.

  3. sutikno sutikno

    ok matur suwun infonya, siiapa tahu mudik lebaran bisa mampir ke Blitar jadi ketemu sego tiwul..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *