Skip to content

Candi Banjarsari di Tepi Kali Brantas Nganjuk

candi banjarsari

Candi Banjarsari.

Cukup wajar apa bila di tepi Kali Brantas ditemukan sejumlah bangunan bersejarah masa klasik. Sebab pada masa itu, sungai merupakan urat nadi kehidupan masyarakat. Sejumlah bangunan suci pun juga didirikan sebagai sarana peribadatan masyarakat setempat atau juga para pedagang yang lalu lalang di Sungai Brantas. Salah satu bangunan suci yang didirikan cukup dekat dengan Brantas adalah Candi Banjarsari.

Lokasi dan Rute

Candi Banjarsari secara administratif masuk dalam wilayah Desa Banjarsari, Kec. Ngronggot, Kab. Nganjuk. Candi ini berada tak jauh dari Jembatan Papar. Dari jembatan silakan ke barat hingga lampu merah, kemudian belok ke kanan. Ikuti jalan kemudian apa bila menjumpai pertigaan tong lurus saja. Pertigaan ke dua setelah pertigaan tong silakan belok ke kanan. Letak candi ini sangat dekat dengan Sungai Brantas, jaraknya hanya sekitar 120 meter dari bibir sungai. Letak Candi Banjar Sari dalam map dapat dilihat di sini.

Deskripsi Candi

Candi Banjarsari di Tepi Kali Brantas Nganjuk 9

Situs Banjarsari.

Candi Banjarsari berada di bawah permukaan tanah kurang lebih sedalam dua meter. Kemungkinan candi ini bisa sampai terpendam karena berada terlalu dekat dengan Sungai Brantas, sehingga saat terjadi banjir, material yang dibawa banjir dapat mengenai candi. Saat ini kondisi candi telah runtuh namun masih menyisakan bagian tubuh dan kaki. Bagian kaki candi masih terpendam kurang lebih dua meter.

Candi Banjarsari tersusun dari batu bata. Candi ini kemungkinan menghadap ke barat, sebab saat ini bagian yang tampak adalah bagian samping kanan kiri dan belakang. Menurut penuturan juru pelihara candi, saat pertama kali ditemukan pada Januari 2016, pada relung relung candi ini masih ditemukan arca. Saat ini arca-arca terbut telah diamankan di museum.

Arca yang ditemukan di Candi Banjarsari merupakan arca bercorak Hindu. Arca tersebut antara lain adalah Durga, Agastya, dan sebuah arca tokoh dalam kondisi bersila. Arca Durga biasanya diletakkan pada relung sisi utara dan Arca Agastya pada relung sisi selatan. Sedangkan pada relung belakang biasanya diletakkan Arca Ganesha. Ganesa biasanya digambarkan dalam posisi duduk bersila utkutisana yaitu duduk seperti bayi dengan kedua telapak kaki saling bertemu.

Sebagian ornamen hias pada Candi Banjarsari masih dapat kita saksikan hingga saat ini. Pada dinding belakang kita masih dapat menyaksikan pahatan bunga. Jika jeli pada relung sisi selatan kita masih dapat menyaksikan pahatan antefik.

Candi Banjarsari di Tepi Kali Brantas Nganjuk 10

Ornamen bunga. 

Candi Banjarsari di Tepi Kali Brantas Nganjuk 11

Ornamen antefik tiga puncak. 

. . .

Candi Banjarsari bukanlah satu-satunya candi di Nganjuk yang terletak di tepi Brantas. Ada banyak candi dan situs bersejarah yang letaknya tak jauh dari  candi ini dan Sungai Brantas. Misalnya saja seperti Candi Tembarak  dan Situs Tanjungkalang.

Candi Banjarsari di Tepi Kali Brantas Nganjuk 12

DTrav di Candi Banjar Sari.


Writer: Galy Hardyta

Narasumber: Juru pelihara candi

Participants: Aima, Ardi, Galy, Rendro, Ipan, Riris

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!