Skip to content

Air Terjun Sedudo, Wisata Andalan di Kabupaten Nganjuk

Wisata di Nganjuk? Tentunya pikiran kita akan langsung tertuju pada Air Terjun Sedudo. Ya benar, air terjun ini bisa dibilang merupakan salah satu wisata andalan di Kab. Nganjuk. Air Terjun Sedudo terletak di lereng Gunung Wilis pada ketinggian 1438 m dpl. Secara administratif terletak di Desa Ngliman, Kec. Sawahan.

Air Terjun Sedudo memiliki ketinggian 105 m. Debit airnya fluktuatif tergantung musim. Bentang alamnya cukup indah, di mana aliran airnya meluncur pada tebing kokoh yang menjulang tinggi. Vegetasi di sekitar tebing juga cukup beragam sehingga memberikan kesan yang alami.

Sebagai wisata andalan, akses jalan menuju Sedudo cukup mudah. Tersedia akses jalan beraspal hingga tiba di lokasi. Kondisi jalannya cukup baik dan bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Medannya khas pegunungan, menanjak namun sedikit kelokannya. Setiba di sekitar lokasi sudah tersedia area parkir kendaraan. Untuk roda empat, ada area parkir yang luas di bawah Wisata Watu Lawang, namun jaraknya masih lumayan jauh dari Air Terjun. Jika suasana lengang, kendaraan roda empat dapat di parkir pada bahu jalan sedekat mungkin dengan air terjun. Sudah ada petugas yang siap siaga untuk mengatur kelancaran lalu lintas.

Fasilitas di Kawasan Wisata Air Terjun Sedudo sangat lengkap. Fasilitas standar seperti toilet dan musholanya sangat bersih. Kantin-kantin ditata dengan sangat rapi, dan dilengkapi dengan view deck yang kece. Travelers sekalian bisa bersantap dengan menu-menu kuliner khas Sedudo sembari menyaksikan pemandangan air terjun yang indah. Bagi travelers yang doyan berswafoto tersedia pula sejumlah sign board yang iconic. Menarik.

Untuk menikmati itu semua, kalian hanya dikenakan tiket masuk seharga Rp. 10.000,- per orang. Untuk retribusi kendaraan roda dua sebesar Rp. 2.000, dan roda empat sebesar Rp. 5.000,-. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola.

Selain menawarkan keindahan alam, pesona Air Terjun Sedudo juga tak lepas dari mitosnya. Konon nama Sedudo merupakan kependekan dari kalimat “sing medudo” atau dalam bahasa Indonesia berarti “yang menduda”. Di percaya dahulu ada tokoh laki-laki yang bertapa tanpa menikah di air terjun ini. Mitos lain yang banyak dipercaya masyarakat adalah mengenai khasiat ajaib air dari Sedudo. Bahkan saat bulan Suro, banyak sekali masyarakat yang datang untuk ngalap berkah air dari Sedudo. Karena pada bulan tersebut diselenggarakan Ritual Siraman Sedudo. Ritual ini merupakan atraksi budaya yang cukup dikenal di Nganjuk, dan dalam penyelenggaraannya dihadiri pejabat-pejabat setempat.

Bagaimana? Menarik bukan? Jadi, jangan lupa untuk menyambangi Air Terjun Sedudo saat kalian traveling ke Nganjuk. Air Terjun Sedudo dapat dituju dari beberapa arah. Dari arah Kediri kalian dapat mengambil arah Jalan Raya Pace – Berbek (Percabangan Kantor Perhutani KBKPH Pace ambil kiri). Dari arah Loceret dapat melalui Jl. May Jend Supeno. Dari arah Bagor dapat melalui Jalan Raya Guyangan – Berbek. Sudah ada petunjuk arah yang jelas pada masing-masing arah.


Writer: Galy Hardyta

Participants: Anggun, Aima, Ali Moes, Ardi, Galy, Ipan, Nika

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *