Skip to content

Watu Gajah Kediri, De Stenen Olifant van Paree

Watu Gajah atau Selo Gajah yang oleh bangsa Belanda disebut juga De Stenen Olifant van Paree terletak di area Hutan yang masuk dalam wilayah Desa Gadungan, Kec. Puncu, Kab. Kediri. Arca ini terletak searah dengan Pura Kertabuana di utara Kantor Desa Watu Gede. Dari jalan raya Pare – Wates silahkan kalian berbelok ke arah Pura kemudian lurus saja sampai memasuki hutan, dan kalian akan tiba di Watu Gajah.

Watu Gajah ditemukan kembali sekitar tahun 1925/1926. Penemuannya terjadi secara tidak sengaja dan diprakarsai oleh Leendert Albert van de Ven Renardel de Lavalette, seorang kepala Kehutanan di Pare. Awalnya keberadaan batu ini dianggap menggangu jalan. Oleh karena itu  L. A. van de Ven Renardel de Lavalette memerintahkan pekerjanya untuk menggali dan menyingkirkan batu ini. Ternyata setelah digali tampaklah bahwa batu ini merupakan sebuah arca Gajah. Akhirnya arca ini dipinggirkan dan diberi tempat khusus di dalam hutan.

Watu Gajah menggambarkan seekor induk Gajah dengan anaknya di sebelah kanan, dan terdapat pula dua manusia di sebelah kirinya. Melihat bentuknya yang masih kasar, diduga arca ini belum selesai dikerjakan.

Tampak kiri

Anak gajah di sisi kanan


Writer: Galy Hardyta

Sumber:

Selftraveling

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *