Skip to content

Rukyatul Hilal di Pantai Serang Blitar

Blitar merupakan salah satu dari 33 wilayah di Indonesia yang menjadi tempat rukyat penentuan awal Ramadhan dan Syawal. Di Blitar event ini diselenggarakan di Pantai Serang, Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Blitar. Lokasi rukyatul hilal di Pantai Serang Blitar berada pada sebuah gardu pandang di atas bukit  di sisi timur Pantai Serang.

rukyatul hilal pantai serang blitar 2

rukyatul hilal pantai serang blitar 4

rukyatul hilal pantai serang blitar

Rukyat merupakan aktivitas pengamatan terhadap kenampakan hilal. Hilal sendiri adalah penampakan bulan sabit pertama setalah terjadinya konjungsi (ijtimak). Rukyat dapat dilakukan dengan mata telanjang maupun menggunakan teleskop. Apabila hilal terlihat, maka pada magrib waktu setempat telah memasuki bulan baru Hijriyah. Apabila hilal tidak terlihat maka awal bulan ditetapkan mulai maghrib hari berikutnya. Hal ini dikarenakan dalam kalender Hijriyah, sebuah hari diawali sejak terbenamnya matahari waktu setempat, bukan saat tengah malam seperti pada kalender masehi.rukyatul hilal pantai serang blitar 3

Tiap tahunnya rukyatul hilal di Pantai Serang selalu ramai pengunjung. Keberadaan event ini merupakan daya terik tersendiri bagi pengunjung Pantai Serang.

Be First to Comment

  1. weis saran nih coba informasinya ditambahin lagi bro
    salam,
    chandra

  2. okey mbak hehehe 😛 makasih sarannya. ntar kita coba kita tambah mengenai akses dan rutenya.

    salam balik dari travellersBLITAR 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *