Skip to content

Gardu Pandang Sumberasri (Bukit Teletubbies Blitar)

gardu pandang sumberasriGardu Pandang Sumberasri terletak di atas sebuah bukit di sekitar Perkebunan Gambar, tepatnya di sisi barat Gunung Kelud. Gardu Pandang ini secara administratif berada di dalam wilayah Desa Sumberasri, Kec. Nglegok, Kab. Blitar. Berjarak sekitar 21 km dari Kota Blitar. Rute menuju Gardu Padang Sumberasri sebagai berikut: Blitar – Nglegok – Kawasan Wisata Candi Penataran – Desa Kedawung – Desa Sumberasri – Tugu Garuda di pertigaan Sumberasri belok ke kanan – Ikuti jalan sampai dengan lokasi gardu pandang. Rute ini lebih aman namun sedikit memutar dengan kondisi jalan yang ramai dengan lalu-lalang truk pasir. Ada rute yang lebih pendek namun sedikit berbahaya dan tidak direkomendasikan untuk dilalui saat cuaca buruk. Rute pendek tersebut adalah sebagai berikut: Blitar – Nglegok – Pertigaan sebelum Kawasan Wisata Candi Penataran belok ke kanan – Dam Kali Bladak – Perkebunan Gambar – Gardu Pandang. Dam Bladak adalah zona berbahaya dan tidak direkomendasikan untuk dilewati saat cuaca buruk karena rawan terdampak lahar dingin Gunung Kelud.

gardu pandang sumberasri blitar

Gardu Pandang Sumberasri memang dikenal memiliki pemandangan alam yang indah. Kontur muka buminya yang berbukit-bukit membuat siapa saja yang berkunjung terpana. Oleh karenanya sudah sejak lama lokasi gardu ini menjadi tujuan wisata masyarakat sekitar. Meskipun demikian, baru pada pertengahan tahun 2016 gardu ini resmi dibuka sebagai kawasan wisata.

Semenjak dibuka sebagai kawasan wisata, Gardu Pandang Sumberasri memang mengalami beberapa perubahan yang lebih baik. Kini sudah ada area parkir yang terkelola dan kedai-kedai makanan yang berjajar di sepanjang jalan menuju gardu pandang. Gardu Pandang yang dulunya minim aktivitas perekonomian kini mulai bergeliat, dan warga setempat memperoleh efek positifnya.

pintu masuk gardu pandang sumberasriUntuk bangunan gardu pandang sendiri juga mengalami perubahan. Atap gardu pandang yang dulunya terbuat dari ijuk kini juga sudah diperbarui dengan material yang lebih massive. Di sekitar Gardu Pandang juga terdapat replika balon udara yang cukup serasi dengan latar belakang pemandangan di sekitar gardu. Tak ayal replika ini menjadi daya tarik tambahan dan tak pernah sepi dari wisatawan yang ingin berfoto di sana.

balon gardu pandang sumberasriTak hanya perubahan dalam hal infratsruktur, kini Gardu Pandang Sumberasri juka memiliki tagline baru. Jika dulu gardu ini dikenal juga dengan nama “Tower”, kini ia juga dikenal dengan nama Bukit Teletubbies Blitar. Hal ini bukan tanpa alasan sebab panorama bukit-bukit yang terhampar di depan gardu pandang memang menyerupai bukit dalam serial Teletubbies yang dulu sempat ditayangkan di TV swasta. Selain itu, destinasi wisata ini kadang juga disebut Gardu Kelud.

bukit teletubies blitarCakupan Obyek Wisata Gardu Pandang Sumberasri ini juga diperluas. Obyek ini dikolaborasikan dengan potensi-potensi yang ada di sekitarnya seperti Kebun Coklat dan Pohon Cinta. Bahkan dari gardu ini juga dibuka rute menuju Candi Gambar Wetan. Wow integrated tourism!! 😮

Kini di sekeliling Gardu Pandang (bukit teletubbies) banyak bermunculan foto booth kece yang dikelola POKDARWIS setempat.

Ayo kunjungi langsung Gardu Pandang Sumberasri! Nikmati pesona wisata Blitar yang tiada habisnya. 😀

3 Comments

  1. iangundalaseta iangundalaseta

    Keren min
    Never stop exploring blitar

  2. cahyaprastya cahyaprastya

    wahh bgus bangetz…

  3. Ziedney aje Ziedney aje

    Mantap broooo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *