Skip to content

Wisata Alam Paco (Telaga Pacuh) Blitar

Wisata Alam Paco merupakan sebuah destinasi wisata berupa telaga alami yang terletak di antara rerimbunan pohon karet bolu raksasa. Kawasan ini awalnya merupakan tempat tampungan air irigasi, namun karena memiliki suasana dan panorama yang menjanjikan, pada tahun 2011 kawasan ini mulai dikembangkan menjadi obyek wisata. Wisata Alam Paco dikembangkan oleh PT Perkebunan Nusantara XII Bantaran Afd Penataran. Kawasan wisata ini menempati area seluas 5.1 ha. Di area ini dibangun berbagai fasilitas pendukung wisata seperti taman, toilet, gazebo, dan jungle track.

Wisata Alam Paco secara administratif terletak di Desa Panataran, Kec. Nglegok, Kab. Blitar. Lokasi obyek wisata ini cukup strategis karena berada di antara Kawasan Wisata Candi Penataran dan Candi Gambar Wetan. Selain itu, lokasi obyek ini juga berada di pinggir jalur alternatif Blitar – Obyek Wisata Gunung Kelud Kediri. Secara umum rute menuju Wisata Alam Paco adalah: Blitar – Nglegok – pertigaan sebelum pintu masuk Kawasan Wisata Penataran belok ke kanan (ke arah Perkebunan Candi Sewu) –  Wisata Alam Paco terletak di kiri jalan.

Wisata Alam Paco dikenal pula dengan nama Blumbang Pacuh atau Telaga Pacuh

Wisata Alam Paco buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB sampai Pukul 16.00 WIB. Untuk menikmati keasrian Wisata Alam ini, pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 3.000,-. Dengan tarif yang sangat murah ini para travelers sekalian sudah dapat menikmati suasana alam Paco yang asri. Panorama utama yang dapat traveler nikmati dari kwasan ini adalah tenangnya air telaga yang dibalut dengan keasrian pepohonan raksasa. Di sisi selatan telaga terdapat semacam bendungan yang memisahkan area telaga dengan area persawahan.

Suasana di sini begitu sejuk dan menenangkan. Cocok untuk ngadem dan menjernihkan pikiran dari hiruk pikuk sehari-hari.

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *