Skip to content

Wajah Baru Candi Gambar Wetan Blitar Pasca Ekskavasi

candi gambar wetan

Sejak dulu Candi Gambar Wetan Blitar memang selalu menarik untuk dikunjungi. Area situs yang luas dan struktur bangunannya yang menyatu dengan bukit, telah membuat kagum para pengunjungnya. Pasca ekskavasi pastilah para pengunjung semakin terperanjat, sebab beberapa struktur yang selama ini terpendam di dalam bukit kini mulai ditampakkan ke permukaan. Postingan ini akan sedikit mengupas wajah baru Candi Gambar Wetan Blitar pasca ditampakkannya struktur terpendam.

Candi Gambar Wetan terletak di Perkebunan Gambar, Desa Sumberasri, Nglegok, Blitar. Ada dua rute umum untuk menuju lokasi candi. Rute I : pertigaan Kantor Desa Penataran ke kanan – Pacoh – DAM Kali Bladak – Perkebunan Gambar – Candi. Rute II : Penataran – Kedawung – Sumberasri – Pertigaan Garuda (Sumberasri) ke kanan – Perkebunan Gambar – Candi Gambar. Pertimbangan memilih kedua rute tersebut adalah faktor cuaca. Meski Rute I lebih pendek dari pada Rute II, namun rute tersebut sangat rawan dilalui saat hujan, sebab kendaraan bisa tersapu aliran lahar dingin saat melintas di area DAM Bladak. Jadi perhatikan benar keadaan cuaca saat akan menyambangi candi ini. Untuk kondisi tracknya juga lumayan berat. Dari perkebunan hingga candi hanya tersedia jalan tanah yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua sejauh 1.7 km.

Masih seperti yang dulu, rute menuju Gambar Wetan Blitar memang selalu menantang. Jalannya berpasir, bergelombang-gelombang, sempit, dan sedikit berkelok. Setelah melewati medan terjal tersebut akhirnya DTrav sampai di lokasi candi.

candi gambarCiri khas Candi Gambar Wetan Blitar masih belum berubah, taman bunganya tampak indah dan menyejukkan mata.

Dari depan pagar belum tampak adanya perubahan pada candi ini. Padahal rumornya ada beberapa struktur baru yang telah ditemukan. Kami pun segera masuk untuk menuntaskan rasa penasaran. Eits… tapi terlebih dahulu kami mengisi buku tamu pada pos jaga.

travellers di candi gambar wetanStruktur yang pertama kali kami tuju adalah tangga candi. Dari tangga inilah nantinya para pengunjung dapat menaiki bukit untuk mengunjungi bagian lain dari Candi Gambar Wetan Blitar. Di sebelah kiri tangga terdapat sebuah arca dwarapala, arca ini lazimnya ditemukan berpasangan, namun pasangan arca ini justru berada di luar pagar pelindung candi. Entah bagaimana ceritanya bisa ada di sana. Mungkin selama ini masih dimanfaatkan masyarakat setempat untuk ritual sehingga arca tersebut tetap dibiarkan di luar pagar. Untuk menuju lokasi arca tersebut kita tinggal menaiki tangga dan menemukan pintu pagar di sebelah kanan. Dari pintu tersebut kita bisa menuruni bukit dan menjumpainya.

dwarapala gambar wetanSelanjutnya kami menaiki tangga untuk menuju bagian lain dari Candi Gambar Wetan. Nah dari sini perubahan baru tampak. Ada yang berbeda dengan struktur ini di mana talut dan sebagian papi tangga yang dahulu tertimbun kini sudah ditampakkan. Selain itu dulu di sini hanya ada satu arca dwarapala, sekarang ada dua. Strukutur dan arca baru ini kalau tidak salah merupakan temuan pasca ekskavasi pada Mei 2014 silam. Dengan ini total ada empat arca dwarapala di area Candi Gambar Wetan Blitar, dua di bawah tangga dan dua di atas tangga. Dua pasang arca dwarapala ini memiliki gaya pahatan yang berbeda di mana arca dibagian bawah memiliki bentuk yang lebih tambun.

dwarapala candi gambar wetanBeranjak dari arca dwarapala, kini kami menuju ke struktur bangunan lainnya yang berada lebih di belakang. Yup kami menuju ke bangunan Candi Gambar Wetan. Sebelum sampai ternyata kami sudah dibuat kagum dengan tamuan baru di sekitar sana, yakni berupa struktur talut dan tangga. Kali ini tangganya berada lebih ke tengah, tidak berlurusan dengan tangga naik atau pun dengan lokasi candi. Tangga baru tersebut justru lebih dekat pada tatanan fragmen arca di kiri bangunan candi. Wah ini semakin menarik. Dengan tersingkapnya struktur ini, spekulasi terhadap Candi Gambar Wetan justru semakin liar. Kira-kira bagaimana ya bentuk asli dari keseluruhan situs ini. Atau jangan-jangan bukit ini kalau digali isinya candi semua? Untuk menjawab semua itu sepertinya kita harus bersabar sambil menunggu ekskavasi dan penelitian selanjutnya. Semoga kelak seluruh misteri yang menyelimui candi ini dapat terkuak.

eskavasi candi gambar wetanSetelah sempat dibuat kagum dan sejenak berspekulasi, akhirnya kami sampai juga di struktur bangunan yang selama ini dianggap sebagai candi utama (sebenarnya belum tentu benar, karena masih banyak struktur bangunan yang terpendam). Bangunan tersebut telah runtuh, menyisakan bagian kaki dengan sebuah tangga masuk lengkap dengan pipi tangga bergaya ukel gelung. Sayangnya bangunan ini hanya tersusun alakadar dengan beberapa batu yang diletakkan tidak pada tempatnya. Padahal bangunan ini memiliki ragam hias yang cukup indah, terlihat dari ornament-ornamen yang tersisa.

candi gambar wetan blitar

ganaPada pojok pojok bangunan terdapat relief yang menggambarkan raksasa gana

relief panjiTerdapat figure bertopi (panji?) pada salah satu reliefnya.

relief gambar wetanRelief Punokawan

raksasaRelief Raksasa

Menurut catatan Krom 1923, ada relief yang mengisahkan tetang Bukbuksah Gagangaking di Candi Gambar Wetan. Tapi kini kita belum tahu di manakah letak relief tesebut, apakah terpendam atau sudah hilang? Pasalnya, pada ekskavasi Mei 2012 tim peneliti berhasil menemukan beberapa panil relief namun ditimbun kembali. Untuk kronogram mengenai Candi Gambar yang telah tercatat adalah 1410 dan 1438 Masehi. Kurun waktu tersebut masuk dalam periode Kerajaan Majapahit. Sepertinya baru ini saja yang tercatat dalam literatur. Masih cukup tebal misteri yang menyelimuti Candi Gambar Wetan Bltar. Semoga ekskavasi dan penelitian kedepan akan semakin menyingkap tabir misteri itu. Kita tunggu saja bagaimana wajah Gambar Wetan yang lebih baru lagi.

Ekskavasi Candi Gambar Wetan tahun 2016

Struktur bangunan yang ditampakkan dari hasil ekskavasi tahun 2016

Ekskavasi Candi Gambar Wetan tahun 2017

Struktur bangunan yang ditampakkan dari hasil ekskavasi tahun 2017

Relief narasi

Kala Candi Gambar Wetan

Dwarapala hasil ekskavasi tahun 2017


Writer : Galy Hardyta

Photographer: Galy Hardyta

Participants : Anggun, Galy, Dea Atmaji, Eliyana, Shara, adik Nicko

4 Comments

  1. Dan hari ini aku kesana. Tempatnya uh menantang tidak hanya tempatnya tetapi jalanya:* The best of Candi Nggambar Wetan✌

  2. Setyo Wahid Setyo Wahid

    Mlm the travellersblitar ke c.gambar wayan lagi? Ni lg ekskavasi Banyak yg d Temukan…n cntik2…pasti akan terpesona….tq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *