Skip to content

Waduk Nyunyur (Blumbang Gede Soso) Blitar

blumbang gede soso(1)

Waduk Nyunyur secara administratif terletak di Desa Soso, Kec. Gandusari, Kab. Blitar. Waduk ini mulai dibangun pada tahun 1970, dan diresmikan pada 1971 oleh Gubernur Jawa Timur yang menjabat saat itu. Awalnya Waduk ini bernama Waduk Sumber Asri, namun karena letaknya berada di afdeling Nyunyur, maka waduk ini lebih dikenal sebagai Waduk Nyuyur. Waduk/Bendungan Nyuyur dikenal juga dengan beberapa nama seperti Blumbang Gede (Kolam Besar) dan Blumbang Soso.

Tak sulit untuk menunju Waduk Nyunyur. Dari Blitar arahkan perjalanan menuju Wlingi. Memasuki Wlingi tepatnya pada pertigaan RS Ngudiwaluyo, belok kekiri menuju jalur ke Ngantang. Mendekati Desa Soso, tepatnya sebelum jembatan Kali Soso terdapat pertigaan. Pada pertigaan itu belok ke kiri, kemudian ikuti jalan yang tersedia hingga sampai di lokasi waduk. Lokasi Waduk Nyunyur bisa dikatakan cukup strategis karena rutenya berada pada jalur wisata Kec.Gandusari, utamanya Desa Wisata Semen dan Wisata Rambut Monte di Desa Krisik.

Waduk Nyuyur merupakan bangunan tanggul pada sebuah daerah aliran sungai (DAS) yang digunakan untuk kepentingan irigasi, namun seiring perkembangan jaman, waduk ini sering dikunjungi wisatawan sebagai tempat rekreasi. Hal ini memang cukup beralasan, sebab panorama yang disajikan waduk ini begitu menakjubkan. Jika cuaca cerah kita dapat menyaksikan puncak Gunung Kelud tepat di belakang waduk. Warna langit biru berpadu dengan hijaunya Gunung Kelud, tampak terrefleksikan oleh permukaan waduk. Waduk ini bak cermin raksasa yang memantulkan keindahan panorama alam di sekitarnya.

bendungan nyunyur blitareksotisme cermin raksasa waduk nyunyur

Suasana sekitar waduk yang ditumbuhi pepohonan besar memberikan suasana sejuk dan membuat wisatawan betah berlama-lama di sini.

Waduk dengan luas areal   3 ha dan kedalaman sekitar 5m ini juga merupakan spot mancing favorit di sekitar Gandusari. Waduk ini hampir tidak pernah sepi dari para pemancing.

blumbang gede blitarkeramaian pemancing di Waduk Nyunyur

Pemandangan di sekitar waduk semakin dramatis dengan adanya aktivitas petani keramba yang beralalu-lalang menggunakan perahu.

waduk nyuyur blitaraktivitas petani keramba

Yok, kunjungi langsung Waduk Nyuyur! Segera atur jadwal liburanmu dan buktikan sendiri keindahannya. 😀

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *