Skip to content

Sekilas Situs Reco Jago Blitar dan Upaya Pelestarian

Situs Reco Jago secara administratif terletak di Desa Selorejo yang berada di Kecamatan Selorejo. Kecamatan ini terletak di ujung timur Kab. Blitar, sehingga cukup jauh dijangkau baik dari pusat kota ataupun kabupaten.

Situs Reco Jago

situs reco jago

Situs Reco Jago belum sepenuhnya muncul di permukaan tanah, menurut penuturan warga masih ada beberapa benda cagar budaya maupun struktur bangunan yang terpendam. Beberapa benda cagar budaya di kumpulkan ditengah ladang tebu. Benda-benda tersebut telah diberi fondasi dari semen.

Corak Keagamaan

Kumpulan BCB Reco Jago terdiri dari sejumlah fragmen arca, nandi, dan makara. Sayang sekali ketokohan dari arca-arca tersebut sulit untuk diketahui. Selain telah menjadi fragmen, kondisi arca-arca tersebut telah aus. Untungnya di antara arca-arca tersebut terdapat arca nandi (arca lembu). Nandi merupakan kendaraan dari Dewa Siwa. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui bahwa situs ini bercorak hindu.

Diduga Bangunan Candi

Keberadaan makara memunculkan dugaan bahwa dulunya Situs Reco Jago merupakan bangunan candi. Makara biasanya terletak pada ujung pipi tangga sebuah candi. Terkadang juga dijadikan hiasan pada kanan kiri relung atau pun pintu candi. Untuk makara Reco Jago ini lebih ke makara pipi tangga.

Makara merupakan penggambaran makhluk mitologi masa klasik. Makhluk ini merupakan gabungan dari ikan dan gajah sehingga dalam mitologi Jawa disebut gajahmino.

Cerita Rakyat

Masyarakat setempat mengenal makara pada situs ini dengan sebutan Reco (arca) Jago. Hal ini umum terjadi, di mana masyarakat menyebut benda yang meraka jumpai dengan obyek yang biasa mereka kenali. Karena masyarakat setempat tidak memiliki pemahaman mengenai makara, dan kebetulan makara yang aus memiliki bentuk seperti Jago, maka mereka menyebut makara di situs ini dengan sebutan arca Jago.

Upaya Pelestarian

Situs Reco Jago pernah mengalami pembangunan pada tahun 1985. Hal tersebut dapat diketahui dari angka tahun yang tergores pada fondasi semen.

Sekilas Situs Reco Jago Blitar dan Upaya Pelestarian 2 Sekilas Situs Reco Jago Blitar dan Upaya Pelestarian 3

Melihat kondisi situs ini yang sempat terpapar panas dan hujan tanpa pelindung, Komunitas DTrav berinisiatif membangun atap pelindung sebagai upaya pelestarian situs. Syukurlah kegiatan pembangunan atap pelindung telah terlaksana secara swadaya pada tanggal 25 Agustus 2019. Kegiatan ini mendapat sambut baik dari masyarakat setempat yang turut membantu dalam pembangunan situs.

Seminggu setelah kegiatan pembangunan atap pelindung, Komunitas DTrav kembali mengunjungi situs untuk memasang papan nama dan papan petunjuk arah untuk situs. Semoga upaya pelestarian ini dapat bermanfaat bagi keberlangsungan Situs Reco Jago.

Sekilas Situs Reco Jago Blitar dan Upaya Pelestarian 4 Sekilas Situs Reco Jago Blitar dan Upaya Pelestarian 5


Writer : Riezta A. Herlambang (Kcing)

Participant : Peserta Bakti Wisata Situs Reco Jago

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan