Skip to content

Situs Ngreco A.K.A. Situs Jurang Banteng, Ngaringan Blitar

Situs Ngreco A.K.A. Situs Jurang Banteng, Ngaringan Blitar 1Situs Ngreco alias Situs Jurang Banteng.

Situs Ngreco terletak di lereng Gunung Kelud. Berada di area Perkebunan Jurang Banteng, Desa Ngaringan, Kec. Gandusari, Kab. Blitar.

Asal Usul Nama

Menurut penuturan pihak keamanan Perkebunan Jurang Banteng, dahulu pernah ditemukan sebuah arca pada lokasi situs. Oleh karena itu situs ini dikenal dengan sebutan Situs Ngreco. Sementara itu, karena letaknya berada di area Perkebunan Jurang Banteng, banyak juga yang menyebut situs ini dengan sebutan Situs Jurang Banteng. Untuk membedakan dengan Situs Ngreco di Selorejo, DTrav lebih memilih penyebutan Situs Jurang Banteng.

Deskripsi Situs

Situs Ngreco alias Situs Jurang Banteng ini terdiri dari sejumlah benda peninggalan sejarah masa klasik berbahan batu andesit. Benda benda tersebut menunjukan ciri ciri komponen bangunan candi. Benda benda tersebut terdiri dari balok batu, komponen kemuncak, komponen miniatur candi, inskripsi, pipi tangga dengan ujung berbentuk ukel (atau mungkin merupakan komponen sayap gapura seperti pada Candi Plumbangan) dan umpak. Beberapa komponen ini tersebar di sejumlah titik, namun ada pula yang terkonsentrasi.

Situs Ngreco A.K.A. Situs Jurang Banteng, Ngaringan Blitar 2

Balok batu andesit dan komponen miniatur candi.

Situs Ngreco A.K.A. Situs Jurang Banteng, Ngaringan Blitar 3

Pipi tangga dengan ujung berbentuk ukel atau mungkin merupakan komponen sayap gapura. Komponen ini dalam kondisi terbalik.

Situs Ngreco A.K.A. Situs Jurang Banteng, Ngaringan Blitar 4

Inskripsi.

Komponen komponen candi yang terkonsentrasi, ditata pada sebuah makam. Kami tidak memperoleh informasi yang memadai terkait makam ini. Makam ini dilengkapi dengan nisan batu. Kurang jelas apakah nisan tersebut termasuk peninggalan benda kuna atau bukan. Bisa jadi nisan ini ditambahkan, bisa jadi pula nisan ini merupakan benda kuna, mengingat pada Situs Gadungan di lereng Gunung Gedang juga terdapat komponen menyerupai nisan. Pada Kekunaan Dermosari juga terdapat sebuah inskripsi yang seukuran dengan batu nisan. Diperlukan penelitian lebih mendalam untuk menguak misteri nisan dan benda benda kuna di Situs Ngreco Jurang Banteng ini.

situs jurang banteng

Komponen komponen candi yang ditata pada sebuah makam.

Pada situs ini juga dapat dijumpai struktur terpendam yang tersusun dari balok batu andesit. Sementara itu, keberadaan arca yang pernah ditemukan pada situs ini sudah tidak diketahui lagi. Menurut penuturan pihak keamanan perkebunan, bisa saja arca tersebut terpendam kembali oleh material vulkanik gunung kelud.

Situs Ngreco A.K.A. Situs Jurang Banteng, Ngaringan Blitar 5

Struktur.

Tips

Untuk mengunjungi situs ini diwajibkan mengajukan izin pada pihak keamanan perkebunan.


Writer: Hadi

Editor: Galy Hardyta

Narasumber: Pihak Keamanan Perkebunan Jurang Banteng

Selftraveling

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!