Skip to content

Sebuah Kebulatan Tekat Menuju Pantai Keben

Pantai Keben.

Sempitnya waktu tak akan mengurungkan niat kami untuk melakukan suatu perjalanan. Bahkan rangkaian perjalanan kami masih terus berlangsung hingga Ramadan 1432 H menjelang. Tak ada niat dari kami untuk mengabaikan datangnya bulan suci tersebut. Ini semua lebih karena masing-masing dari kami memiliki kesibukan yang beragam. Sebagai imbasnya, jika suatu perjalanan telah dispakati maka kapan pun dan dimana pun tempatnya tak akan jadi masalah bagi kami.

Lagi-lagi perjalanan kami mengarah ke Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Adalah Pantai Keben yang telah membawa kami untuk kembali mengusik ketenangan Desa Ngadipuro. Pantai Keben adalah salah satu pantai terindah dari sekian banyak pantai yang dimiliki desa ini. Sayang sekali keindahan Pantai Keben belum bisa secara instan untuk dinikmati. Akses yang sangat sulit merupakan momok utama bagi siapa pun yang ingin menikmati keindahannya.

Dengan tekat yang kuat, kami berusaha untuk mangatasi segala rintangan yang menghadang selama perjalanan berlangsung. Nahasnya sebuah insiden fatal terjadi dipenghujung perjalanan, dan karenanya kami harus menempuh 4 km terakhir dengan berjalan kaki. Rute awal yang  kami lalui adalah rute yang sama dengan rute menuju Pantai Pudak, tetapi demi memangkas jarak dan menghindari rute memutar kami putuskan untuk potong kompas. Kami pun mencoba menarik sebuah vektor yang mengarah langsung menuju Pantai Keben. Dengan keputusan tersebut, sama artinya kami harus berjibaku naik turun bukit sambil berjalan di sela-sela tanaman tebu.

Cuaca terik dan medan yang terjal memberikan bayang-bayang frustasi di benak kami. Tapi jika kami kembali, tentunya perjuangan yang telah dijalani akan terasa sia-sia. Dan dengan kebulatan tekat, kami putuskan untuk tetap menerjang. Satu dua tanaman tebu pun kami libas 😈 . What?? 😯 Bukan karena tanaman tersebut menghalangi jalan, melainkan untuk memberi asupan energi bagi tubuh kami yang sudah mulai letih :mrgreen: . Syukurlah, tak seberapa lama kemudian Pantai Keben mulai terlihat. Kami pun semakin bergairah untuk segera menginjakkan kaki di sana.

Kondang Keben merupakan penghalang terakhir sebelum kami sampai di Pantai Keben. Dengan berhati-hati kami menyisir tepian kondang tersebut dan akhirnya sampai pada klimaks dari perjalanan ini. Pantai Keben!!

Keindahan alam tak akan pernah dapat didiskripsikan secara sempurna melalui kata-kata. Oleh karenanya, perkenankanlah gambar-gambar di atas mewakili keindahan Pantai Keben.

Ternyata ada hikmah dibalik perjalanan yang meletihkan ini. Setelah berfikir keras dan mengerahkan segala naluri, akhirnya kami dapat kembali dengan melalui rute baru yang relativ lebih mudah. Dan dengan demikian, kami dapat sedikit memberikan gambaran mengenai rute menuju Pantai Keben.

Secara umum ada dua rute yang dapat dilalui untuk menuju Pantai Keben. Rute Pertama adalah rute yang sama dengan rute menuju Pantai Pudak. Rute ini tergolong sulit karena terik dan permukaan jalannya bergelombang. Rute Kedua adalah menyusuri hutan jati di sebelah barat Dusun Banyu Urip, yakni dengan mengikuti jalan menanjak setelah menuruni jalan rabat beton. Turunan dengan jalan beton berada kurang lebih 500 m di selatan tugu SH Terate. Rute ini tergolong lebih mudah untuk dilalui. Selain teduh, rute ini juga memiliki permukaan jalan yang rata. Pada akhirnya rute ini tetap berujung pada ladang tebu, tetapi sudah lebih dekat dengan Pantai Keben. Keterangan lebih lanjut mengenai rute menuju Pantai Keben dapat dilihat pada halaman ”Rute dan Informasi.”


Writer : Galy Hardyta

Participant : Galy, Kcing, Koje, Chuko, Lia, Nyop

25 Comments

  1. Wah, apik
    Apakah ada banyak wanita yg memakai keben disana ?? :malu:
    Habisnya namanya mirip banget
    Hehehehehe

  2. sepi mas pein.. jauh dari peradaban hehe..
    kalo yang telanjang malah banyak, tapi sapi… 😛

  3. els els

    rekomendasi ke keben dengan motor atau mobil?

  4. lebih mudah sepeda motor mbak..
    sekalipun pakai mobil 4WD, tapi jalannya sempit dan ramai lalu lalang petani tebu..

  5. seno seno

    siiipppp mantap pantaixxxx……….
    klu buat mancing lokasix bagus g………….????????????????

  6. wah kami kurang paham dengan mancing-memancing mas seno… 🙂
    kalau di sini banyak karangnya mungkin malah sulit buat mancing. menurut warga sekitar, dibarat pantai ini ada tempat yang PW buat mancing. Namanya ploncor (kalau tidak salah) aksesnya dari pantai jebring..

  7. seno seno

    ok sip makasih infox gt……………………
    klu da acra travelling lg blh nih ikut’an xixixixixixix…………………

  8. Sami-sami 😀
    Boleh mas, tapi terus terang kami sulit banget ngatur jadwal, sering-sering maennya dadakan..
    Ya semoga saja kelak ada kesempatan buat maen bareng..
    😀

  9. seno seno

    oke kawan aq tunggu kbrx

  10. iwan iwan

    kira2 dari pantai tambakrejo berapa kilo?

  11. jika ditarik vektor lurus jaraknya sekitar 5,7 km..
    Untuk menuju pantai ini tidak melewati rute wonotirto tetapi rute lodoyo-ngadipuro….

  12. Pantainya Masih Bersih Gan…
    TOP BGT,,
    Kagak Keliatan ada Sampah Dmna2..
    Ini yg Ane Cari…..

  13. pantai keben emang seru buat yg sukah petualang

    gento arek sidoarjo………
    salam buat yg ingin ksna
    bulat kan tekad menuju pantai keben
    krna jlan makadaman meguji mental kita
    melintasi kebun tebu itu jlan utama mnju pantai keben

    gento arek salam ………
    sidoarjo…..
    salam buat ank pantai sidoarjo

  14. nailahshopn nailahshopn

    konfiemasi rute pantai keben mas…

  15. Rutenya seperti rute panyai Jebring
    Blitar – Lodoyo – Ngeni – Ngadipuro
    Perempatan tugu SH belok kanan ke arah pantai Jebring..
    Pertigaan terakhir sebelum pantai Jebring belok kiri.. 🙂

  16. Nice blog.. sangat menginspirasi.. boleh nanya gak mas? Pantai mana aja yg bisa di masuki motor sampai di pinggir pantainya? Boleh di jawab di sini ato via email… Maturnuwun..

  17. Hampir semua pantai di Blitar bisa di masuki motor, yang penting ga nyasar mas hehehe.. 😀
    Emm.. yang bisa dimasuki motor ada Pasur, Pangi, Gayasan, Tambak, Pasir Putih Gondo Mayet, Jebring, Wedi Ireng, Keben, Pudak, Serang, Peh Pulo, Jolosutro. Ada juga Rowo Gebang, tapi bisanya pas kemarau, lek ujan jalannya jadi sawah 😀

  18. oke2 mas, maturnuwun responnya.. boleh nih kapan2 kalo lagi main ke tempat bude di dimoro (deket pemandian sumber udel), saya di pandu utk jalan2 ke pantai2 yg eksotis di blitar.. eman, apik2 tp nggak di nikmati.. hahaha..

  19. siap mas.. kebetulan rumah kami deket dengan dimoro. Ada yang sumber ada juga yang tanjungsari 😀
    langsung sms di Hot-line kami atau coment via fb aja kalo mau maen. 😀

  20. fery fery

    Kesan pertama waktu ketemu pantai ini “keren”
    Pemandangan indah dan perpaduan warna biru, hijau dan putih
    Harus masuk daftar liburan

  21. Yup, bener banget. Sayang kalau dilewatkan hehe

  22. kalo ngloncor rock itu di mana ya?? thanks

  23. Eva Eva

    Aku 6 okt kemarin kesana sama 9 orang trmsuk aku, pntainya uindah,syepii, asri wes pokonya g ada smpah kecuali di tepian dkt rawa, sayang nya smpai sna agak pasang ombang nya soalnya udah siang.
    Salam dari jombang untuk pantai keben
    Tidak mengecewakan tentunya hehe

  24. Roby Roby

    Keren Broo. Baru tau pantai ini. Nti tak rencanakn kesitu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *