Skip to content

Prasasti Cemandi Desa Kunir Blitar, Prasasti Kuno di Lingkungan Pesantren

Di Blitar, tepatnya di Dusun Cemandi, Desa Kunir, Kec. Wonodadi terdapat pemandangan yang unik. Bila arkeotraveler sekalian sambang ke lingkungan ini, kalian akan menjumpai sebuah prasasti masa klasik yang tersimpan di lingkungan Pondok Pesantren Al-Kamal. Prasasti tersebut terletak pada Makam Auliya Cemandi yang dikenal sebagai makam tokoh Mbah Imam Hambali Bin Ahmad/ Ki Jallaalean/ Mbah Sumare.

Karena terletak di Dusun Cemandi Desa Kunir, prasasti ini disebut Prasasti Cemandi atau Prasasti Kunir. Prasasti ini dimanfaatkan sebagai nisan makam aulia. Kondisi prasasti telah aus pada bagian recto dan versonya. Aksara prasasti yang masih tampak jelas bisa diamati pada sisi kanan.

Makam Auliya Cemandi

Aksara pada Prasasti Cemandi

Lancana raja

Pada bagian recto terdapat lancana (lambang raja). Lancana tersebut kurang begitu jelas namun sepintas menyerupai lencana Raja Srengga / Kertajaya, raja Kejaraan Kadiri terakhir yang dikenal pula sebagai pendiri Candi Palah/ Candi Penataran. Berdasarkan catatan dalam Rapporten Oudheidkundig Onderzoek tahun 1908, di Desa Kunir memang pernah ditemukan potongan arca berinskripsi dari masa Kerajaan Kadiri. Inskripsi tersebut memuat angka tahun 1102 Saka atau 1180 Masehi. Angka tahun tersebut secara time line lebih tua dari pada masa Pemerintahan Raja Srengga Kertajaya. Oleh karena itu untuk memastikan pada era mana Prasasti Cemandi dibuat, diperlu penelitian arkeologi yang mendalam.


Writer: Anggun & Galy Hardyta

Sumber: Rapporten Oudheidkundig Onderzoek tahun 1908

Participants: Anggun, Galy

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan