Skip to content

Pantai Wedi Ireng, Pesona Pantai Pasir Hitam di Desa Ngadipuro Blitar

Bagi yang sudah bosan dengan eksotika pantai berpasir putih, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Blitar selatan. Blitar memang dikenal memiliki beberapa pantai pasir hitam yang menawan. Dimulai dari ujung barat ada Pantai Pasur, kemudian Pantai Jebring, lalu grup Pantai Serang yang membentuk teluk serang, dan Pantai Karang Nritep beserta Pantai Jolosutro yang berada di ujung timur Blitar. Ternyata selain pantai-pantai tersebut, Blitar masih menyimpan pantai berpasir hitam lain, yakni Pantai Wedi Ireng.

Pantai Wedi Ireng terletak di sebelah timur Pantai Jebring, secara administratif berada di Desa Ngadipuro, Wonotirto, Kabupaten Blitar. Perlu diketahui bahwa pantai ini berbeda dengan Pantai Princen yang terlatak di timur persis dari Pantai Jebring. Perbedaannya meliputi lokasi, akses dan kenampakan. Pantai Wedi Ireng telah memiliki akses berupa jalan tanah, sedangkan akses menuju Princen adalah dengan menyusuri pinggiran tebing ketika laut tengah surut. Secara kenampakan, yang membedakan kedua pantai itu adalah adanya Gua pada Pantai Princen.

Untuk menuju Pantai Wedi Ireng mudah saja, yakni dengan mengikuti rute menuju Pantai Jebring. Pada pertigaan terakhir sebelum tiba di Jebring silahkan berbelok ke kiri/ timur. Selanjutnya tinggal menyusuri jalan tersebut hingga terlihat pantai berpasir hitam di sebelah kanan jalan.

Pantai Wedi Ireng memang tidak begitu luas. Bentuk pantainya sedikit curam di sisi kiri, sehingga ombak di sisi kiri dapat meluber jauh ke daratan. Terkadang ombak yang datang dipecah oleh ombak lain yang datang tegak lurus, pemandangan itu membentuk pertunjukan ombak yang mengesankan. Berikut kenampakan dari Pantai Wedi Ireng. Lihat, imajinasikan, dan buktikan pesona pasir hitamnya. 😀


Writer : Galy Hardyta

Participant : Galy, Kcing, Meitika, Lia

4 Comments

  1. Seperti biasa .. .. .. koordinat ?

  2. ini di timur pantai jebring pak.. 😀
    kalo di wikimapia di taq jadi satu dengan pantai jebring..
    untuk lebih jelasnya monggo disimak halaman rute dan informasi, bagian rute pantai-pantai desa ngadipuro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *