Skip to content

Pantai Tebing Ngloncor, Pantai Kesebelas di Ngadipuro Blitar

Pantai Tebing Ngloncor, Pantai Kesebelas di Ngadipuro Blitar 2

Pantai Tebing Ngloncor.

Perjalanan menuju Pantai Tebing Ngloncor ini tidaklah terencana dengan matang. Semua hanya berawal dari obrolan ringan di chat grup. Setelah semua sepakat dan semua persiapan yang dibutuhkan terakomodir, aku, Bagus, dan Mbah Rezka segera merapat. Tujuan kami langsung tertuju ke Ngloncor, karena dari awal chat memang tujuan tersebut yang dibicarakan. Perjalanan pun dimulai.

Lokasi dan Rute

Pantai Ngloncor secara administratif terletak di Desa Ngadipuro, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar. Start dari Kademangan, berikut rute yang kami lalui dalam perjalanan kali ini: Kademangan – Lodoyo – Terminal Lodoyo ke kanan arah Ngeni – Pertigaan Tugu Trisula Ngeni lurus – Pertigaan ringin kecil ke kanan ke arah Banyuurip – Tugu SH Terate Banyuurip ke kanan mengikuti rute Panti Jebring. Sebelum sampai Jebring kami belok ke kiri menyusuri jalan menuju Keben. Sebelum sampai Keben ada persimpangan jalan setapak menuju ke sebuah bukit. Kami memarkirkan kendaraan pada persimpangan tersebut dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Akhirnya sampailah kami di lokasi tujuan. Oiya letak spot ini di map dapat di lihat di sini.

Keindahan Pantai

Sesampainya di lokasi tujuan, semua benar-benar di luar ekspektasi. Mau dibilang tebing ini memang tebing, dibilang pantai ini juga pantai karena ada hamparan pasir nya. Inilah Pantai Tebing Ngloncor. Sebuah pantai kecil nan eksotis di antara Wedi Ireng dan Keben. Daya tarik pantai ini terletak pada tebing nya yang menjorok jauh ke tengah laut, di mana kita dapat melihat keindahan yang tiada duanya dari sana.

Selama ini kami hanya tau kalau Ngoncor itu sebuah batu karang yang menjorok ke lautan. Tanjung tersebut dapat dilihat dengan jelas dari Pantai Jebring maupun Princen. Eh, ternyata di barat tanjung tersebut tersembunyi sebuah pantai.

pantai ngloncor

Pantai di sebelah barat tanjung.

Pantai Ngloncor memiliki pasir berwarna hitam, mungkin ada kaitannya dengan pasir hitam dari grup Pantai Jebring. Ukuran Pantai Ngloncor cukup kecil, kalau pasang hebat kemungkinan pantai ini tenggelam. Sayang sekali akses turunya masih rungkut, sehingga kami hanya menikmati keindahannya dari atas tebing.

Permukaan Tebing Ngloncor cukup rata nyaris seperti panggung, tapi di beberapa bagian ada yang tinggi dan ada pula yang rendah. Pada sela-sela batuan tebing tampak adanya air yang tergenang, sepertinya kalau pasang hebat tebing ini disapu ombak dengan ganas. Hii ngeri.. Syukurlah saat itu laut sedang tenang, sehingga kami dapat menyusuri Ngloncor hingga ke ujungnya. Wah ternyata di ujung Nglocor kami ketemu sama pemancing, sepertinya spot ini memang sudah biasa untuk memancing.

tanjung ngloncor

Spot mancing.

BTW pemandangan dari Tebing Ngloncor ini kece badai sob, terutama pemandangan hamparan pantai-pantai di sisi barat Ngadipuro. Kerennya lagi, kami bisa melihat pantai–pantai itu dari sudut pandang yang anti mainstream. Bahkan kalau mau nunggu sampe sunset pun, sepertinya bakal keturutan liat matahari tenggelam di laut, tapi nanggung masih lama.

panorama tebing ngloncor

Princen dan Jebring dilihat dari sudut pandang yang berbeda.

Berhubung sudah jauh-jauh datang ke Ngadipuro, sepertinya tak afdol jika kami tidak mampir ke pantai-pantai lainnya. Akhirnya trip ini kami tutup dengan menjelajahi pantai-pantai lain di sekitar Ngloncor, seperti Keben, Princen, dan Jebring. Satu lagi keindahan Ngadipuro telah terkuak. Masihkan desa ini menyimpan kejutan lain? 😀

travellers di tebing ngloncor

DTrav di Tanjung Ngloncor.


Writer : Dafid

Photographer : Dafid

Participants : Bagus, Dafid, Rezka

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!