Skip to content

Pantai Serang, Magnet Wisata dari Blitar Selatan

Pantai Serang secara administratif terletak di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kab. Bitar. Pantai Serang termasuk dalam tiga pantai utama di Blitar bersama Tambakrejo dan Jolosutro, ia juga didapuk sebagai bagian dari triangel diamond wisata Kab. Blitar bersama Sirahkencong dan Candi Penataran. Apa sih yang menarik dari pantai ini? Mari simak ulasan DTrav berikut.

Serang merupakan sebuah pantai yang cukup besar, namun karena berada pada sebuah teluk, pantai ini memiliki ombak yang tenang. Pasir pantai Serang berwarna cokelat kehitaman karena sedikit bercampur dengan pasir besi. Ronanya tampak cantik karena kontras dengan birunya langit dan air laut.

Pantai Serang menghadap ke selatan ke arah Samudera Hindia. Di kedua ujungnya baik sisi timur maupun sisi barat diapit oleh perbukitan. Perbukitan ini lah yang memisahkan Pantai Serang dengan pantai-pantai lain di teluk Serang seperti Pantai Bangkong, Mesang Padang, Selok Gogor, dan Serit. Pada perbukitan sisi timur Pantai Serang terdapat gardu pandang yang biasanya digunakan untuk memantau hilal dalam penentuan awal bulan Ramadhan. Dari gardu ini para traveler sekalian dapat menikmati lanskap teluk serang yang memukau. Keindahan nya tak perlu diragukan lagi.

Selain menawarkan keindahan alam, Pantai Serang juga menawarkan sejumlah atraksi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Ini lah salah satu nilai plus yang dimiliki Pantai Serang. Atraksi wisata andalan dari pantai ini terangkum dalam Serang Festival yang meliputi Festival Layang-Layang se Jawa Timur, Festival Patung Pasir, Upacara Larung Sesaji (jika berbarengan dengan tahun baru Jawa), Pelepasan Tukik, Serang Beach Jazz Festival, dan sejumlah acara pendukung lainnya. Atraksi wisata ini dapat terselenggara berkat kerja keras POKDARWIS DEWA SERANG akronim dari Kelompok Sadar Wisata Desa Wisata Serang.

Festival Layang-layang

Upacara Larung Sesaji sebagai wujud rasa syukur menyambut tahun baru Jawa (pict by: Adon)

Pelepasan Tukik, tukik yang dilepaskan merupakan konservasi dari POKMASWAS Bina Samudra

Serang Beach Jazz Festival (pict by: Adon)

Selain atraksi-atraksi di atas, masih ada daya tarik lainnya yakni rukyatul hilal penentuan awal Ramadhan. Kegiatan ini juga tak kalah ramainya karena menyedot perhatian kalayak ramai. Bener-bener keren abis. Tak heran jika Pantai Serang yang memiliki seabreg atraksi wisata ini mampu menjadi magnet wisata di kawasan Blitar selatan.

Bagi para traveler yang ingin sambang langsung ke Pantai Serang tak perlu kuatir. Pantai ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti tempat parkir, toilet umum, mushola, dan kedai-kedai makanan. Akses menuju pantai juga bisa dilalui menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Untuk rutenya, dari Blitar silahkan mengarahkan perjalanan kalian ke Sutojayan (Lodoyo), sampai perempatan lampu merah Lodoyo belok ke kiri mengikuti rambu menuju Pantai Serang (Panggungrejo). Meski jarak dari Lodoyo hingga Pantai Serang masih sekitar 27 km, namun rambu-rambu penunjuk arahnya sudah terpasang di beberapa titik, jadi tak perlu risau. Perlu diingat, meski jalannya sudah beraspal namun kalian tetap harus mempersiapkan kondisi kendaraan dengan prima, karena yang akan dilewati adalah kontur pegunungan selatan yang berkelok-kelok naik-turun.

Bagaimana? Sudah siap menyambangi magnet wisata Blitar selatan ini? Keep safety traveling & let’s #shareblitar guys !! 😀


Writer: Riezta Aditya H. (Kcing)

Participant: Kcing, Mita, Zikri

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *